Cara Mengaktifkan 4G di Smartphone Android

1
10
Cara Mengaktifkan 4G di Smartphone Android
Cara Mengaktifkan 4G di Smartphone Android

Apa yang akan sobat lakukan jika sobat mendapati smartphone yang tidak mendukung 4G? Sobat pastinya akan mencari cara mengaktifkan 4G di smartphone Android. Ada yang menjual jasa mengenai cara mengaktifkan 4G secara berbayar, ada juga yang memberikan caranya secara gratis. Jika sobat sedang mencari yang gratisan mungkin artikel ini sangat tepat bagi sobat semuanya.
Jika kita perhatikan, teknologi jaringan terus mengalami perkembangan dari tahun ke tahun. Dulu yang hanya tersedia jaringan 2G, kemudian berkembang menjadi 3G dan bahkan pada jaman now, hampir semua smartphone saat ini sudah mendukung jaringan 4G, yang artinya semakin zaman kecepatan internet semakin bertambah kencang, internetan pun jadi lebih efisien dan lebih nyaman.

Mengenai cara mengaktifkan 4G di smartphone Android ini, ada beberapa hal yang harus kita ketahui bersama, bahwa sejatinya kita dapat menggunakan layanan 4G apabila kartu dan device kita mendukung jaringan 4G, jika salah satu dari kedua itu tidak mendukung 4G, maka sobat tidak bisa menggunakan layanan 4G.

Baca juga:  Konfigurasi FHRP Pada Cisco Packet Tracer

So, yang harus kita ketahui adalah, cek terlebih dahulu, apakah device sobat baik itu berupa smartphone ataupun tablet sudah support 4G? Selanjutnya kita cek apakah kartu yang sobat miliki sudah support 4G pula?

SIM card yang sudah support 4G, terkadang tidak mencakup wilayah yang sobat diami. Letak geografis ini sangat berpengaruh dalam penggunaan jaringan 4G. Jika memang wilayah sobat mencakup jaringan 4G, sobat bisa mendatangi service center SIM card yang sobat gunakan untuk dilakukan perubahan SIM card agar sobat bisa menikmati layanan 4G. Atau seandainya malas gerak, sobat bisa mencari cara mengaktifkan 4G di smartphone Android dengan keyword, “Cara mengaktifkan 4G telkomsel”, misal apabila SIM card yang sobat gunakan adalah telkomsel. Namun jika SIM card yang sobat gunakan adlah indosat, sobat bisa mencarinya dengan keyword, “Cara mengaktifkan 4G indosat”. Masih banyak keyword lain seperti “cara mengaktifkan 4G kartu 3”, “cara mengaktifkan 4G kartu axis”, “cara mengaktifkan 4G kartu smartfren”, dan lain sebagainya. Tentunya kata kunci tersebut sobat bisa menyesuaikannya dengan SIM card yang sobat miliki.

Baca juga:  Agar Jaringan Wi-Fi Tidak Mudah dibobol

Bagaimana dengan device yang tidak support 4G? Kita harus mengetahui apakah device tersebut berdasarkan spesfikasi memang tidak support 4G, ataukah memang device yang sobat gunakan pada hakekatnya support 4G tapi fitur 4G di dalamnya dikunci dan belum diaktifkan? Jika memang tidak support 4G, sobat bisa menggantinya dengan yang support 4G, tapi jika memang device sobat support 4G akan tetapi fitur 4G di dalamnya dikunci dan belum diaktifkan, sobat hanya perlu memasukkan keyword di google berupa “cara mengaktifkan 4G” diikuti dengan merk device dan tipe device yang sobat miliki. Sebagai contoh: “cara mengaktifkan 4G xiaomi”, “cara mengaktifkan 4G xiaomi redmi 3”, “cara mengaktifkan 4G di iphone”, “cara mengaktifkan 4G di iphone 5”, “cara mengaktifkan 4g di samsung s5”, “cara mengaktifkan 4g oppo neo 5”.

Baca juga:  Receive Time Occured dan Trying The Same PIN

Saya sejujurnya malas menulis teknis dari tutorial cara mengaktifkan 4G ini, selain panjang, pembahasannya pun global. Dan setiap device memiliki cara yang berbeda-beda.

 

Mungkin untuk lebih jelasnya sobat bisa membaca artikel mengenai cara paling mudah merubah jaringan 3G ke 4G

 

1 COMMENT

  1. […] menggiurkan berupa internet gratis dari telkomsel sebesar 10 GB di semua jaringan baik 3G maupun 4G, 75 SMS ke semua operator sebesar 10 rupiah, serta bonus nelepon selama 150 menit lamanya. Hanya […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here