CRUD Menggunakan AJAX di Yii2 | KafeinKode

Kursus bahasa arab berkualitas

CRUD Menggunakan AJAX di Yii2

Anonim 7 Comments



Setelah kamu berhasil menginstall Yii2, kamu pun bisa mengeksplorasinya dan berkarya sesukamu, salah satu caranya adalah dengan membuat CRUD menggunakan AJAX di Yii2. Dengan adanya fitur AJAX pada CRUD, operasi create, update dan delete tidak perlu dilakukan di halaman lain, semuanya cukup dilakukan pada satu halaman yang sama.

Pembuatan CRUD di Yii2 yang kita bahas pada artikel ini terbilang sangat simpel, karena kita cukup menggunakan fitur gii dan menambahkan satu extension yang bernama yii2-ajaxcrud. Untuk lebih jelasnya, silahkan ikuti langkah-langkah membuat CRUD menggunakan Ajax di Yii2 di bawah ini:

CRUD-Menggunakan-AJAX-di-Yii2

Step 1: Install terlebih dahulu ekstensinya via composer dengan mengetikkan perintah berikut sudo composer require --prefer-dist johnitvn/yii2-ajaxcrud "*". Oh ya, sebelum menginstallnya, rubah terlebih dahulu directorinya ke direktori aplikasi projectmu, taruhlah aplikasi project saya bernama yii2project maka perintahnya adalah cd /opt/lampp/htdocs/yii2project

Step 2: Buka config/web.php lalu letakkan kode di bawah ini:

$config['modules']['gridview'] = [
'class'=>'\kartik\grid\Module',
];

Berikut penampakannya:
kode

Step 3: Pergi ke gii maka kau akan dapati fitur ajax crud generator telah tercipta.
gii
Selanjutnya tinggal buatlah crud sesuai tutorial ini http://www.yiiframework.com/doc-2.0/guide-start-gii.html . Bedanya, jika pada tutorial yang dijelaskan di guide yii, generating crudnya menggunakan CRUD Generator, tetapi karena yang kita bahas di sini adalah CRUD menggunakan ajax di Yii2, maka generating CRUDnya kita gunakan Ajax CRUD Generator. Itu saja bedanya. Kemudian, di tutorial ini kita belum bermain SQL query dalam pembuatan CRUD, baru sebatas mengandalkan gii saja.

Setelah dibuat, Anda bisa lihat tampilan CRUDnya seperti di bawah ini. Baik itu input, update maupun delete, semuanya dilakukan di single page menggunakan modal.
upd
Kelebihan dari extension ini, ada fitur export page data dalam bentuk HTML, CSV, Text, Excel, PDF, dan JSON yang terletak di bagian atas kiri.

Mungkin itu yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat bagi semua yang baru terjun dan baru belajar Yii2 ini. Tutorial ini merupakan penjelasan dari tutorial http://www.yiiframework.com/extension/yii2-ajaxcrud/ .

Kursus bahasa arab berkualitas

[shareaholic app="recommendations" id="20730868]

7 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  1. agungchrisna@gmail.com'

    sya pakai yii2 advance template, setelah instal lewat composer terus file mana yg harus dikonfigurasi ya, saya udah coba buat form ajax generator lewat gii, tapi pas di run “undefinde variabel:searchModel”.

    Reply
  2. thangtk2@gmail.com'

    validate upload file not working. please help me

    Reply
  3. prisilliahamida@gmail.com'

    berhasil atau tidaknya gimana cara mengetahuinya?

    Reply
  4. mq.smile@gmail.com'

    Amazing…it’s work. YII, yes it is. Terima kasih articlenya, ditunggu explorasi slanjutnya. Saya sedang cari fungsi “terbilang”,

    Reply