Membuat Related Post di Dalam Postingan

15
12

Bagi yang sudah terbiasa blogging atau membaca berita di media, pasti pernah terpikirkan bagaimana cara membuat related post di dalam postingan atau di dalam artikel. Membuat artikel terkait di bawah postingan memang sudah biasa, tapi menyisipkan artikel terkait ke dalam artikel akan lebih luar biasa khasiatnya. Dan kabar baiknya memasukkan related post ke dalam postingan ternyata cukup mudah di WordPress. Ingin tau bagaimana caranya? Simak terus tutorial ini.

Inline Related Posts atau related post yang disisipkan ke dalam postingan sudah menjadi tren yang luar biasa di antara beberapa blogger dan pemasar yang membahas kegunaan posting footer terkait sebuah blog.

Dalam sebuah diskusi telah tercatat fakta yang mengesankan dalam membuat related post di dalam postingan WordPress. Setelah membaca sebuah artikel tampaknya otak pengguna kehilangan fokus dari halaman web, sehingga mereka tidak lagi memperhatikan dan mencari artikel-artikel lain yang ditulis dalam sebuah blog.

Baca juga:  Upload Image di Yii2

Kemudian kami melihat bahwa media-media besar seperti The Wall Street, Journal, BBC, Business Insider, Financial Times dan banyak lainnya telah mengidentifikasi masalah ini dan memecahkannya dengan menempatkan related post di dalam artikel.create inline related post

memasukkan related post ke dalam postingan

menyisipkan artikel terkait ke dalam artikel

membuat related post di dalam postingan

Ternyata dengan memanfaatkan fitur IRP (Inline Related Posts) kita dapat:
1. Meningkatkan jumlah tampilan halaman.
Ya, tentu saja dapat meningkatkan tampilan halaman. Karena ketika visitor sedang asyik membaca, di waktu itu pula mereka disuguhkan dengan artikel terkait lainnya. Rasa penasaran muncul, dan akhirnya mereka pun membuka artikel-artikel yang terkait lalu membacanya.

Baca juga:  Daftar Hosting Murah dan Hosting Terbaik Indonesia

2. Menjaga perhatian pembaca.
Kita bisa mengambil dan menjaga perhatian pembaca dengan menggunakan fitur IRP (Inline Related Posts), pembaca bisa berlama-lama singgah di blog kita, membuka dan membaca setiap postingan yang menarik.

3. Mengurangi tingkat bouncing.
Bounce rate, atau yang biasa kenal dengan persentase pengunjung blog yang hanya mengunjungi satu halaman blog atau satu halaman artikel, bisa diatasi dengan kita menyelipkan artikel terkait di dalam postingan. Dengan memanfaatkan IRP (Inline Related Posts), kita dapat mengurangi tingkat bouncing pada blog kita.

Di wordPress, untuk membuat artikel terkait di bawah postingan caranya cukup mudah. Dengan memanfaatkan plugin IRP (Inline Related Posts), kita sudah bisa menyelipkan artikel terkait ke dalam postingan. Berikut tutorialnya:

Baca juga:  Review DomaiNesia Hosting Murah dan Terbaik di Indonesia

Membuat Related Post di Dalam Postingan

Step 1: Langkah pertama dalam membuat related post di dalam postingan adalah dengan mendownload terlebih dahulu pluginnya di sini, kemudian upload ke direktori /wp-contents/plugins/taruh di sini.
Step 2: Aktifkan pluginnya. setelah diaktifkan, pergi ke meu settings kemudian klik Inline Related Posts.irps
Step 3: Langkah ketiga dalam membuat related post di dalam postingan, pada halaman pengaturan Inline Related Posts, silahkan atur apa yang Anda kehendaki. Kemudian save dan beginilah ScreenShotnya.
ssirps

Tahapan lengkap cara membuat template WordPress bisa Anda lihat di http://www.kafeinkode.com/membuat-template-wordpress/

15 COMMENTS

  1. wah mas, andai saja ada kode / script untuk blogger . soalnya web saya melalui blogger, bukan wordpress.. Tapi artikelnya sangat bermanfaat dan menambah wawasan untuk saya. Kunjungu juga : Bacangan.blogspot.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here