Setting Android Studio Untuk Pembuatan Aplikasi Android

0
31
Setting Android Studio Untuk Pembuatan Aplikasi Android

Android Studio adalah IDE pengembangan Android yang secara resmi didukung dan direkomendasikan oleh Google. Android Studio dibundel dengan Android SDK Manager, yang merupakan alat untuk mengunduh komponen SDK Android yang diperlukan untuk mulai mengembangkan aplikasi. Setting Android studio untuk pembuatan aplikasi Android sangat dibutuhkan sebelum kita mulai membuat aplikasi Android.

Berikut langkah-langkah setting Android Studio untuk pembuatan aplikasi Android yang harus Anda lakukan:

Install Android Studio dan Android SDK tools:

  1. Unduh dan install Android Studio.
  2. Unduh Alat SDK dan Platform Platform-alat terbaru dengan membuka Android Studio, lalu ikuti petunjuk Pembaruan Perangkat SDK Android. Anda harus menginstal package stabil terbaru yang tersedia.

Jika Anda perlu bekerja pada proyek lama yang dibangun menggunakan versi SDK yang lebih lama, Anda mungkin perlu mengunduh versi terbaru

Sejak Android Studio 2.2 dirilis, OpenJDK terbaru dibundel dengan instalasi dan merupakan JDK (Java Development Kit) yang direkomendasikan untuk semua proyek Android Studio. Dengan ini Anda tidak perlu lagi menginstal paket JDK Oracle. Untuk menggunakan SDK yang sudah dibundel, ikuti langkah-langkah berikut;

Baca juga:  Download 5 Aplikasi TV Indonesia Terpopuler

1. Buka proyek Anda di Android Studio dan pilih File > Project Structure di bilah menu.
2. Di halaman SDK Location dan di bawah SDK Location, centang kotak Use embedded JDK.
3. Klik OK.

Konfigurasikan Android Studio

Android Studio menyediakan akses ke dua file konfigurasi melalui Help menu:

studio.vmoptions: Opsi kustomisasi untuk Java Virtual Machine Studio (JVM), seperti heap size dan ukuran cache. Perhatikan bahwa pada mesin Linux, file ini mungkin bernama studio64.vmoptions, tergantung pada versi Android Studio Anda.

Baca juga:  6 Aplikasi Adzan Otomatis Gratis Terbaik

idea.properties: Sesuaikan properti Android Studio, seperti folder path plugin atau ukuran file maksimum yang didukung.

Ubah / tambahkan tema

Anda dapat mengubahnya sebagai preferensi Anda. File->Settings->Editor->Colors & Fonts-> dan pilih tema. Anda juga dapat mengunduh tema baru dari http://color-themes.com/ Setelah mengunduh file .jar.zip, buka File-> Import Settings… dan pilih file yang diunduh.

Compile Aplikasi

Buat proyek baru atau buka proyek yang sudah dibuat di Android Studio, kemudian tekan tombol Play button di bagian atas bilah alat untuk menjalankannya. Jika berwarna abu-abu, Anda harus menunggu satu detik untuk memungkinkan Android Studio mengindeks beberapa file dengan benar, kemajuannya dapat dilihat di bilah status bawah.

Baca juga:  6 Aplikasi Android Ini Akan Membuatmu Lebih Dekat Dengan Allah di manapun Kamu Berada

Jika Anda ingin membuat proyek dari shell, pastikan Anda memiliki file local.properties, yang dibuat oleh Android Studio secara otomatis. Jika Anda perlu membuat proyek tanpa Android Studio, Anda perlu baris yang dimulai dengan sdk.dir = diikuti dengan jalur ke instalasi SDK Anda.

Buka shell dan masuk ke direktori proyek. Masukkan ./gradlew aR dan tekan enter. aR adalah shortcut untuk assembleRelease, yang akan mengunduh semua dependensi untuk Anda dan membangun aplikasi. File APK final akan berada dalam ProjectName / ModuleName / build / outputs / apk dan akan disebut ModuleName-release.apk.

Itulah artikel mengenai cara setting Android Studio untuk pembuatan aplikasi Android.
Semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here