Tutorial Cara Membuat Footer di WordPress

1
9

Segala sesuatu di dunia komputer tidaklah tercipta dengan sendirinya. Dalam pembuatan template WordPress, kita bisa melihat adanya elemen header, sidebar, konten dan bahkan footer, semuanya ada penciptanya. Dan untuk menciptakan semua itu, ada tutorial dan cara-cara yang harus dilakukan, khususnya dalam tutorial cara membuat footer di WordPress.

Sobat kafeinkode semuanya, sebelum kita membahas tentang tutorial cara membuat footer di WordPress, kita akan berkenalan dulu dengan footer, apa sih footer? footer adalah kaki, begitulah terjemahan singkatnya dalam bahasa indonesia, namun dalam istilah web programming, atau web desain, footer merupakan elemen website yang terletak pada bagian paling bawah, karena letaknya di bagian paling bawah, maka dinamakan footer.

Baca juga:  Mendesain Template

Elemen footer pada dasarnya digunakan untuk menuliskan copyright, atau entah apa lah bahasanya, yang jelas jika sobat sering surfing di internet dan membuka banyak website, pastinya sobat akan melihat tulisan yang terletak di footer kurang lebih bunyinya “copyright bla bla bla all right reserved template”, untuk lebih jelasnya sobat bisa melihat bagian bawah footer kafeinkode.com.

Elemen footer juga biasanya digunakan untuk menempatkan widget, widget pada footer biasanya diisi dengan deskripsi singkat tentang suatu website, deskripsi singkat tentang author, atau widget-widget yang lainnya, seperti widget popular tag. Dan tentunya yang paling penting, sebelum widget-widget tersebut diletakkan, kita harus membuat beberapa elemen terlebih dahulu di dalam footer, namun bukan ini yang kita bahas sekarang. Yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini adalah tentang tutorial cara membuat footer di WordPress.

Baca juga:  Membuat Header Blog

Sobat kafeinkode semuanya, dari tutorial cara membuat footer di WordPress yang telah kita bicarakan di atas, kita bisa menarik kesimpulan tentang elemen-elemen yang ada pada bagian footer yang akan kita buat, apa saja itu?
1. Pembuatan atau penambahan 3 kolom footer.
2. Menambahkan widget pada footer.
Setidaknya dua itu dulu tentang tutorial cara membuat footer di WordPress yang bisa Saya sebutkan di sini, jika ada tutorial baru akan Saya tambahkan lagi.

Baca juga:  Membuat Daftar Isi Pada Wordpress

Oke, sepertinya sudah cukup kita bicara panjang lebar mengenai footer dan tutorial cara membuat footer di WordPress, kita jumpa lagi pada pembahasan selanjutnya dalam membuat template WordPress, yaitu membuat halaman home.

Tahapan lengkap dalam membuat template WordPress bisa Anda lihat di http://www.kafeinkode.com/membuat-template-wordpress/

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here