5 Framework PHP Terbaik

Diposting pada

Bagi programmer-programmer yang masih pemula, pasti banyak yang bingung dalam memilih mana framework PHP terbaik? Setidaknya ada 5 framework PHP terbaik yang biasa dijadikan pertimbangan. Ada yang menjadikan kemudahan sebagai bahan pertimbangan dalam memilih framework, ada juga yg memilih framework berdasarkan kompleksitas framework tersebut, dan ada juga yang memilih framework berdasarkan pertimbangan-pertimbangan lainnya. Jika memang pertimbangannya sampai sedalam ini, tentu tidak mudah dan akan mempersulit diri sendiri, mengingat saat ini banyak sekali framework PHP yang bertebaran, ada CI, Symfony, Zend, Yii, Laravel dan masih banyak lagi, tentunya setiap framework pasti masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.

Memang tidak ada salahnya sih, membanding bandingkan antara framework PHP terbaik yang satu dengan yang lainnya, karena ini merupakan bagian dari proses pembelajaran, ketika Anda membanding bandingkan framework yang satu dengan yang lainnya, itu artinya Anda sedang belajar untuk berkembang. Ibarat ketika Anda ingin perang, Anda pilih-pilih senjata yang sesuai dengan keadaan terlebih dahulu. Tak ada salahnya, programmer-programmer yang sudah mencapai level master pun dulunya seperti itu, namun satu hal yang perlu kita garis bawahi, jangan sampai kita menghabiskan waktu kita hanya untuk memilah milah dan mebanding bandingkan antara framework yang satu dengan yang lainnya. Jika dalam kondisi yang darurat di saat perang, Anda akan dihabisi musuh duluan jika terlalu lama menghabiskan waktu Anda untuk memilih senjata.

Baca juga:  Mengatasi Pesan Error Warning: mysql_connect() [function.mysql-connect]: Host '31.170.160.90' is not allowed to connect to this MySQL server di 000webhost.com

Nah, mengingat umur kita di dunia sangat singkat, sayang kan kalo kita gunakan waktu kita untuk berlama-lama dalam membandingkan antara framework yang satu dengan yang lainnya, di sini saya akan memberikan pencerahan dalam memilih framework.

Saya mempunyai referensi untuk memilih mana framework terbaik? Awalnya saya sampai pada kesimpulan bahwa yii merupakan framework PHP terbaik, yg bisa Anda perhitungkan dan Anda bandingkan dengan framework2 lainnya berdasarkan fakta dan informasi berikut ini:

Baca juga:  Upload Image di Yii2

www.djavaui.com/blog/read/38-5-Framework-PHP-Terkenal-Di-dunia

www.bukulokomedia.com/artikel-180-yii-framework-menguasai-framework-php-terbaik.html

www.phpframeworks.com/top-10-php-frameworks/

www.proweb.co.id/articles/web_application/php_framework_terbaik.html

www.yiiframework.com/doc/guide/1.0/id/quickstart.what-is-yii

Namun ternyata faktanya saat ini tidaklah demikian. Menurut sitepoint, setelah dilakukan survei ternyata Laravel lah yang menyandang framework php terbaik mengalahkan lawan-lawannya, disusul Symfony yang menyandang peringkat kedua, kemudian Nett framework menyandang peringkat ketiga, kemudian setelahnya CodeIgniter, sedangkan Yii2 menyandang peringkat kelima. Sobat bisa melihatnya di http://www.sitepoint.com/best-php-framework-2015-sitepoint-survey-results/

1427547421php_framework_popularity_at_work_-_sitepoint2c_2015

Namun ada satu hal yang harus sobat perhatikan semuanya, ada satu framework yang diperlakukan tidak adil pada survey ini yaitu Yii, sobat bisa lihat Yii framework dipecah menjadi 2, Yii1 dan Yii2. Sehingga yang seharusnya Yii menduduki peringkat ketiga sebagai framework terbaik, ini malah Yii terlempar pada posisi kelima. Jelas-jelas saya tidak menerima sepenuhnya survey atau penilaian ini. Sekarang pertanyaannya, mengapa hanya Yii yang dipecah menjadi dua? Sedangkan Laravel seperti yang kita ketahui terdapat 5 versi tapi kok digabungkan jadi satu? Benar-benar tidak adil kan? Oleh karenanya saya akan susun ulang peringkatnya dengan menggabungkan Yii1 dan Yii2 agar diperoleh keadilan.

Baca juga:  Syarat Menjadi Programmer

5 Framework PHP Terbaik 2015

1. Laravel
2. Symfony
3. Yii
4. Nette
5. CodeIgniter.

Silahkan sobat pilih mana yang terbaik di antara 5 framework tersebut? Semuanya bagus dan semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan. Pilih yang menurut sobat sreg saja. Kemudian yang terakhir, jika sobat merasa kebingungan antara Laravel dan Yii, manakah framework yang terbaik? Pada artikel selanjutnya Saya akan kupas tuntas kelebihan beserta kekurangan di antara keduanya. Artikelnya bisa anda baca di https://www.kafeinkode.com/perbandingan-php-framework/

Sekian,
Semoga bermanfaat.

2 thoughts on “5 Framework PHP Terbaik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *