Agar Jaringan Wi-Fi Tidak Mudah dibobol

Diposting pada

Bagaimana agar jaringan Wi-Fi tidak mudah dibobol? Simak artikel berikut ini. Pada penelitian kali ini saya mencoba suatu tool cukup ampuh yang berjalan di linux, tool tersebut adalah reaver dan aircrack-ng. Pada prinsipnya, reaver berjalan dengan metode brute force yang menyerang secara brutal dan bertubi-tubi dengan cara menebak jalur akses WPS PIN pada router. Cacat yang terdapat pada WPS ini yang biasa hacker gunakan untuk menembus proteksi hotspot atau Wi-Fi, walau hanya sekedar untuk internetan gratis atau bahkan untuk menyadap data-data user.

Baca juga:  Bahaya Menyimpan Data data Pribadi di Komputer


Disini saya tidak membahas caranya bagaimana menembus proteksi Wi-Fi, tapi saya disini akan memberikan sedikit arahan agar kita semua bisa meminimalisir serangan yang ada.

Berawal dari penyerangan saya terhadap router yang mengaktifkan WPS dengan enkripsi WPA/WPA2 Keys, serangan ini berjalan cukup baik, satu dari beberapa jaringan berhasil saya jebol dan saya ambil passwordnya,

namun masalah terjadi ketika saya coba menyerang suatu akses poin yang tidak mengaktifkan WPS, receive time occured dan trying the same PIN selalu terjadi berulang, terus menerus tiada akhirnya.

Baca juga:  Pengertian Default Gateway

Akhirnya dari sini saya bisa mengambil kesimpulan, bahwa mangsa yang lemah di mata reaver adalah suatu jaringan atau akses poin yang mengaktifkan WPS PIN, jadi diantara solusi untuk meminimalisir serangan ini adalah dengan tidak mengaktifkan WPS PIN pada router. Meskipun dengan menerapkan cara ini, masih terdapat kemungkinan enkripsi WPA/PSK dapat dijebol karena banyak jalan menuju roma, tapi setidaknya dengan cara ini kita bisa meminimalisir serangan yang ada.

Baca juga:  Subnetting Dengan Metode VLSM

Mungkin hanya ini yang bisa saya sampaikan tentang tutorial agar jaringan Wi-Fi tidak mudah dibobol. sampai jumpa pada pertemuan berikutnya. Salam kafeinkode.com

3 thoughts on “Agar Jaringan Wi-Fi Tidak Mudah dibobol

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *