Belajar Networking Secara Otodidak

Belajar Networking Secara Otodidak

Diposting pada

Belajar networking umumnya dapat dilakukan dengan dua cara atau metode, metode yang pertama belajar dengan guru atau pembimbing, yang kedua belajar networking secara otodidak. Pada sebagian orang, mereka lebih memilih untuk belajar networking secara otodidak dengan berbagai alasan. Nah, bagi kamu yang tertarik untuk mempelajari atau belajar networking secara otodidak ini, saya akan kasih tau tips, arahan dan juga buku materinya yang bisa didapatkan secara gratis.

Networking dalam dunia komputer bisa diartikan dengan jaringan komputer maupun jaringan internet. Ilmu networking ini membahas tentang bagaimana agar komputer bisa berinteraksi dan terhubung dengan komputer-komputer lain di seluruh dunia. Dengan kita mempelajari networking ini, kita nantinya diharapkan dapat mengenal cara kerja komputer dalam berinteraksi dan bertukar data dengan komputer-komputer lain di seluruh dunia.

Dalam dunia networking, kita membutuhkan peralatan-peralatan yang dapat menghubungkan antara komputer yang satu dengan yang lainnya. Diantara peralatan tersebut yang kita kenal adalah hub, router, dan switch, yang masing-masing memiliki fungsi tersendiri. Banyak vendor-vendor yang memproduksi peralatan atau hardware-hardware networking ini di antaranya adalah Cisco, Mikrotik, Juniper dan lain sebagainya. Kita tidak membahas vendor-vendor networking saat ini, kita hanya akan membahas basic konsep networking dan lingkungan dasar Cisco saja yang biasa kita kenal dengan sebutan CCNA.

Mungkin ada di antara kita yang bertanya-tanya, apa sih perbedaan di antara vendor-vendor tersebut? Sejauh ini yang saya ketahui, perbedaan di antara vendor-vendor tersebut hanya sebatas pengoperasiannya saja. Adapun konsepnya tetap sama. Dalam networking, konsep yang dianut hanya satu, itu-itu saja. Sehingga jika kita sudah mengenal dengan baik konsep networking, untuk mempelajari banyak vendor akan lebih mudah. Berbeda halnya dalam mempelajari framework pada web development, di mana antara framework yang satu dengan yang lainnya, memiliki environtment yang berbeda-beda sekalipun masih menganut konsep yang sama yaitu OOP. Inilah yang membuat programmer harus merangkak dan mempelajari lagi dari awal apabila dihadapkan pada sebuah proyek dengan menggunakan framework yang baru dikenal. Tapi tidak dengan networking, karena dalam networking, konsep yang dianut hanya satu, dan akan terus dipakai dalam keadaan dan kebutuhan apapun.

Baca juga:  Pengertian Hosting dan Domain Menurut Para Ahli

Ok, kita akan langsung masuk ke intinya. Karena dalam hal ini, saya hanya akan membahas basic networking dan CCNA saja, maka saya akan memberikan tips sekaligus arahan tentang bagaimana belajar networking secara otodidak dalam ruang lingkup Cisco CCNA.

Seperti yang kita ketahui, di cisco ini terbagi menjadi 3 level. Yang pertama adalah CCNA, yang kedua adalah CCNP, dan yang ketiga adalah CCIE yang merupakan level tertinggi. Di mana apabila seorang network engineer ingin menjajaki level tertinggi, maka ia harus menaklukkan level dasar terlebih dahulu yaitu CCNA. Dan inilah yang kita bahas pada tutorial kali ini.

Pada level CCNA terbagi menjadi menjadi 4 bagian yaitu CCNA 1, CCNA 2, CCNA 3, dan CCNA 4. Untuk lulus sertifikasi internasional CCNA, kita harus menguasai keempat bagian ini. Dan yang saya ketahui selama ini, dalam mempelajari networking pada level CCNA 1 berputar dalam 3 hal, di antaranya adalah:
1. Teori dan konsep
2. Subnetting dan IP addressing
3. Config dan lab

Baca juga:  Cara Mengatasi Limited Access Wi-Fi Pada Windows 7

Ok, pada poin pertama, pembahasannya adalah seputar teori dan konsep sekaligus pengenalan bagaiamana sebuah komputer bisa bekerja dan berinteraksi dengan komputer-komputer lain di seluruh dunia. Jangan dianggap remeh poin pertama walau hanya sebatas teori dan konsep, karena tanpa kita memahami teori dan konsep dasarnya kita pastinya akan kesulitan untuk mempelajari lebih lanjut tentang networking. Dan yang tak kalah penting, pada poin pertama ini kabarnya akan banyak dikeluarkan pada soal-soal ujian CCNA. So, untuk mempelajari poin pertama ini adalah dengan dipahami dan dihafalkan.

Untuk mendapatkan teori, konsep dan materi-materi pembelajaran dari mulai dari CCNA 1, 2, 3, dan 4 sobat bisa mendapatkannya melalui  materi CCNA dari netacad (2016) yang telah saya bukukan, lengkap dari mulai CCNA 1-4 plus kumpulan commands CCNA yang telah dibukukan secara khusus. Silahkan download buku materinya di bawah ini:

Fundamental networking, CCNA R/S (2016) from netacad. Complex and free, you cant find download here. Untuk mendownloadnya, silahkan like terlebih dahulu halaman facebook kafeinkode.com di bawah ini!

CCNA 1:
https://drive.google.com/open?id=1R-7UWIMx-cqtpwgfrdeZtUOYQlBZ4fs7

CCNA 2:
https://drive.google.com/open?id=1VFcFqBd7ShiU6F2-oBjZqnwj3CTet6d9

CCNA 3:
https://drive.google.com/open?id=11Gcj6YJFH2LCPLZeKtNd_p92EVgTp-1V

CCNA 4:
https://drive.google.com/open?id=17I9hvXKgypXvhA8UM-Js_5RoV1TunW8G

Pada sebagian orang mungkin cukup hanya dengan mengandalkan konten-konten serta pembahasan-pembahasan yang terdapat pada link tersebut, namun pada sebagian lainnya adakalanya mereka membutuhkan penjelasan dari sumber lain serta materi dan buku tambahan yang kiranya bisa mempertajam pemahaman sekaligus skillnya.

Baca juga:  Subnetting Dengan Metode VLSM

Biasanya dalm hal ini adalah konsep subnetting dan IP addressing. Saya memasukkannya pada list di atas, karena untuk mempelajari subnetting dan IP addressing ini rasanya tidak cukup jika hanya dengan mengandalkan penjelasan dari modul netacad saja. Nah, bagi sobat yang belum mengerti dan kesulitan memahami konsep subnetting dan IP addressing, saya sudah buatkan tutorial khusus dengan pembahasan yang insyaAllah lebih mudah dimengerti, juga saya akan sertakan materi-materi latihan seputar IP addressing dan subnetting ini. Untuk tutorialnya sobat bisa baca di https://www.kafeinkode.com/cara-mudah-belajar-ip-addressing-dan-subnetting/ dan di https://www.kafeinkode.com/subnetting-dengan-metode-vlsm/. Tidak berhenti sampai di situ, jika sobat merasa tertantang ingin menyelasaikan soal-soal yang berkenaan dengan IP addressing dan subnetting, sobat bisa mendownload bukunya di sini

Kemudian yang terakhir, untuk mengasah skill sobat, kiranya sobat perlu mengakses 9tut.com, karena ada banyak soal-soal yang disediakan di dalamnya.

Mungkin untuk sementara itu saja tips dan arahan yang dapat saya sampaikan,
Semoga bermanfaat!

NB: Penulis merupakan seorang yang berpengalaman dalam jaringan komputer level CCNA selama 3 tahun. Jika sobat berkeinginan untuk bekerjasama dan belajar seputar networking, sobat bisa mengubungi saya di 085624853448 (WA)

Demikian,
Semoga bermanfaat!

13 thoughts on “Belajar Networking Secara Otodidak

  1. “kafeinkode is created and written by Saad Abdurrazaq” KALIMAT ITU SALAH, TO BE NYA SEHARUSNYA WAS, KALIMAT DIATAS BERUPA PASSIVE VOICE, TAPI KEJADIAN TELAH SELESAI , DIA HARUSNYA PAST PASSIVE VOICE BUKA PRESENT PASSIVE VOICE

  2. menurut saya informasi diwebsite ini sangat menarik apabila anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang Teknologi dan Informasi silahkan kunjungi website di bawah ini https://www.ugbemfikti.org/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *