Cara Install AdminLTE di Yii2

Diposting pada

Setelah kita berhasil menginstall yii2 advanced, maka langkah selanjutnya yang harus kita lakukan adalah dengan meng install tema atau template adminLTE di yii. Kita akan membahas cara install AdminLTE di Yii2 step perstep. Mengapa harus tema atau template AdminLTE? jawabannya jelas karena template AdminLTE merupakan template yang begitu indah dan powerfull menurut saya. Gak percaya? coba saja sobat kunjungi website resminya di https://almsaeedstudio.com/preview. Mantap toh?

Adapun kegunaannya di yii apa? Kegunaannya, biasanya template ini kita gunakan pada halaman backend, karena tampilannya memang sangat cocok digunakan pada halaman backend, dan kabar baiknya. cara install AdminLTE di yii ini sangat-sangat mudah… Ingin tau lebih jelasnya? Silahkan sobat ikuti langkah-langkah cara install AdminLTE di Yii2. Pada tutorial ini, saya membaginya menjadi 2 bagian:

1. Cara Install AdminLTE di Yii2 advanced di bagian backend.
2. Cara Install AdminLTE di Yii2 advanced di bagian frontend. Untuk cara yang kedua ini, dalam pemasangan theme AdminLTE kita menganut sistem loading multiple theme, dalam artian jika si user atau visitor belum login maka tema yang ditampilkan adalah tema default yii, namun apabila dia sudah login, maka template yang ditampilkan adalah template AdminLTE.

Namun pada kesempatan kali ini, saya akan membahas cara yang pertama dulu, yaitu cara install AdminLTE di yii2 advanced bagian backend, berikut langkah-langkahnya:

Cara Install AdminLTE di Yii2

Step 1: Pastikan komputer sobat terhubung dengan internet, setelah terhubung, bukalah terminal lalu ketikkan perintah berikut ini composer require dmstr/yii2-adminlte-asset "2.*"

Step 2: Setelah berhasil diinstall, masuk ke direktori /opt/lampp/htdocs/yii2advanced/backend/config/main-local.php. Buka file main-local.php lalu tambahkan kode di bawah ini lalu simpan:

[php]
‘components’ => [
‘view’ => [
‘theme’ => [
‘pathMap’ => [
‘@app/views’ => ‘@vendor/dmstr/yii2-adminlte-asset/example- views/yiisoft/yii2-app’
],
],
],
],
[/php]

Sehingga kurang lebih kode keseluruhannya seperti ini:
main
selanjutnya, silahkan buka halaman login backend dengan mengetikkan http://localhost/namaaplikasi/backend/web, enter. Maka halaman login akan segera ditampilkan, tampilanpun berubah. Rasakan perubahannya!

Sekian,
Semoga artikel ini bermanfaat…

6 thoughts on “Cara Install AdminLTE di Yii2

          1. Ya karena kalau dicopy langsung setelah kata example- ada spasi. Sehingga menunjuk ke directory yang salah. Solusi hapus spasi, save dan coba ulang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *