Cara Install Yii2 Advanced

Diposting pada

Malam ini saya sempatkan untuk menulis artikel tentang cara install yii2 advanced, dikarenakan saya pernah kesulitan menemukan tutorial yang lengkap tentang cara install yii2 advanced, tentunya setelah googling kesana kemari , dan pada akhirnya pada malam ini saya sempatkan untuk menuliskannya. Saya akan menuliskan tutorial tentang cara install yii2 advanced secara lengkap agar mudah dipahami.

Cara install yii2 advanced pada awalnya caranya sebenarnya sama seperti cara install yii2 basic, artikelnya sobat bisa baca di https://www.kafeinkode.com/cara-install-yii2-via-composer/. Tetapi pada pemasangan yii2 advanced atau cara install yii2 advanced melalui composer ini, lebih sedikit rumit dibandingkan dengan cara install yii2 basic. Saya akan menjelaskannya step per step.

Cara Install Yii2 Advanced

Step 1: Seperti yang telah saya bahas cara-caranya di tutorial cara install yii2 basic, pertama tama dan yang paling pertama yang harus dilakukan adalah ketersediaannya PHP dengan versi 5.3 ke atas dan akun github, keberadaan akun github nantinya digunakan untuk mengenerate token jika diminta. Selain itu saya asumsikan sobat sudah menginstall composer.

Baca juga:  Membuat Login Multiuser di Yii2

Step 2: Masuk terlebih dahulu ke direktori htdocs dengan mengetikkan perintah pada terminal, cd /opt/lampp/htdocs

Step 3: Setelah change directory, ketikkan perintah ini untuk menginstall yii2 advanced. composer create-project --prefer-dist yiisoft/yii2-app-advanced yii-application Jika terjadi error, coba terlebih dahulu masukkan perintah composer global require "fxp/composer-asset-plugin:~1.0.3" tunggu sampai berhasil diinstall, sampai tahap ini, aplikasi Yii belum bisa dijalankan, untuk menjalankannya, silahkan lanjut ke langkah yang ke empat.

Step 4: jalankan perintah php init melalui terminal, nanti setelah itu kalian akan diahadapkan dua pilihan, development atau production? Kalian pilih development dengan mengetikkan angka 0 dan enter, dalam waktu 1-3 detik file-file yang dibutuhkan akan tergenerate semuanya. Dalam hal ini aplikasi yii advanced sudah dapat dibuka, tapi kalian belum bisa login dan mengakses database, hanya dapat mengakses tampilannya saja. Untuk mengaksesnya silahkan ketikkan http://localhost/yii-application/frontend/web/ pada address bar.

Baca juga:  Membuat Laporan PDF Dengan MPDF di Yii2

Step 5: Ini merupakan step sebelum terakhir, di mana kita akan bermain-main dengan database, buat terlebih dahulu database di localhost lalu beri nama yii2advance misal. Setelah databasenya berhasil dibuat, buka file yii-application > common > config > main-local.php. Buka file main-local.php lalu sesuaikan database, host, username dan passwordnya.
crop

Step 6: Nah, di bagian ini kita ingin bermain-main dengan form login yang sudah disediakan oleh yii baik itu di bagian frontend, atau di bagian backend. Tujuannya apa? Agar kita bisa login menggunakan data yang di simpan di dalam database. Kita ketikkan perintah php yii migrate, jika berhasil maka ada pilihan yes atau no, pilihlah yes, atau ketikkan yes atau y. Maka dalam beberapa detik 2 tabel berhasil dibuat.
gam
NB: Terkadang ketika kita menjalankan perintah php yii migrate kita mendapatkan error Can’t connect to local MySQL server through socket ‘/var/run/mysqld/mysqld.sock’ (2), untuk mengatasi error tersebut, sobat bisa membacanya di sini

Baca juga:  Membuat Meta Tag yang SEO Friendly di WordPress

Selanjutnya kita sign up di halaman frontend http://localhost/yii-application/frontend/web/index.php?r=site/signup kemudian isikan data berupa username, email dan password, kemudian kita klik signup. Setelah itu, Anda bisa sign in di halaman backend menggunakan data yang anda input sebelumnya di halaman signup frontend. Selanjutnya silahkan berkreasi sesukamu. Tutorial cara install yii2 advanced ini merupakan penjelasan dari link ini

Sekian,
Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *