Cara Install Yii2 Via Composer

Diposting pada

Mari sekarang kita belajar cara install yii2 via composer di linux. Sobat semuanya, untuk menggunakan Yii2 framework anda harus meng-install-nya terlebih dahulu. Karena baik itu Yii framework ataupun framework-framework PHP lainnya sama seperti aplikasi-aplikasi pada umumnya, dibutuhkan pemasangan agar dapat digunakan. Saya sarankan sebelum anda menginstall framework PHP khususnya Yii, komputer anda harus terinstall OS linux terlebih dahulu, karena menurut saya pribadi, bekerja dengan framework akan terasa lebih nikmat jika OS yang kita gunakan itu adalah Linux, baik itu Ubuntu, Debian, Fedora ataupun distro-distro linux lainnya, mengingat perintah yang digunakan di linux lebih familiar dibanding dengan perintah yang digunakan di windows. Nah, karena saya sekarang lebih menyukai Linux dibanding dengan windows, maka tutorial tentang cara install yii2 via composer ini saya khususkan untuk pengguna linux, adapun pengguna windows? Silahkan cari sendiri artikelnya di google.

Ok sobat semuanya, sebelum saya memulainya saya ingin bertanya terlebih dahulu kepada sobat, apa itu composer dan mengapa harus menggunakan composer? Singkatnya composer adalah manajemen dependency di php yang memudahkan kita untuk menginstall library, tujuannya agar kita gak perlu repot untuk menginstallnya satu satu. Cara install Yii2 via composer di linux jadi lebih praktis dibandingkan dengan cara manual.

Baca juga:  Membuat Laporan PDF Dengan MPDF di Yii2

Nah, setelah kita mengetahui apa itu composer? Kini saatnya kita menginstall Yii. Namun ada baiknya jika sobat memenuhi syarat-syaratnya dibawah ini agar proses pemasangan Yii framework lancar tanpa hambatan.

Yang harus dilakukan dan harus ada sebelum menginstall Yii framework adalah:
1. PHP dengan versi 5.3 ke atas.
Pengalaman saya ketika saya menginstall Yii framework, versi PHP saya masih 5.3 kalo gak salah, akhirnya mogok di tengah jalan dan muncul peringatan agar versi PHP saya diupdate terlebih dahulu.

2. Akun github.
Yang dibutuhkan sebenarnya bukan akunnya, tapi tokennya. Dan untuk mendapatkan token, Anda diharuskan untuk mempunyai akun github terlebih dahulu.

3. Composer.
Karena install frameworknya pakai composer, maka composernya harus diinstall terlebih dahulu. Berikut cara install composer:

Baca juga:  Upload Image di Yii2

Step 1: Buka terminal lalu ketikkan perintah di bawah ini. Pastikan komputer anda telah terkoneksi dengan internet.
cmposer
Jika perintah tadi tidak jalan, Anda bisa coba perintah ini:
composer
Setelah berhasil diinstall, pindahkan composer tadi ke direktori /usr/local/bin/composer Kemudian beri hak akses pada composer tadi dengan perintah sudo chmod 777 /usr/local/bin/composer
pindah
Kemudian setelah itu tinggal install Yii framework.

Cara install Yii2 via composer di linux

Adapun tutorial cara install Yii2 framework via composer di linux adalah sebagai berikut:
Step 1: Masuk terlebih dahulu ke direktori htdocs dengan mengetikkan perintah pada terminal, cd /opt/lampp/htdocs.
Step 2: Kemudian langkah kedua ketikkan perintah berikut ini untuk menginstall Yii2 basic. sudo composer create-project --prefer-dist yiisoft/yii2-app-basic Adapun untuk menginstall Yii2 advanced, Anda bisa mengetikkan perintah ini, sudo composer create-project --prefer-dist yiisoft/yii2-app-advanced advanced
Step 3: Ketika proses menginstall, Anda mungkin akan diminta token. Penampakannya kurang lebih seperti ini
token
Solusinya adalah, login ke akun github, jika belum punya akunnya buat terlebih dahulu, kemudian login setelah itu, dan buatlah token. Berikut penampakan token yang sudah dibuat.
cToken
Copy token tersebut lalu pastekan pada terminal kemudian tekan enter. Jika token belum dibuat, buat token terlebih dahulu dengan klik Generate new token, adapun pengaturan scopesnya pilih default saja seperti ini, lalu klik Generate token.
defau
Step 4: Tunggu sampai instalasi selesai, ini akan memakan waktu kurang lebih 5-10 menitan. Setelah berhasil diinstall, rubah permissionnya ke 755 atau ke 777 agar tidak terkendala ketika anda menggunakannya. Perintahnya adalah sudo chmod 777 -R ‘/opt/lampp/htdocs/yii2-app-basic’

Step 5: Jalankan frameworknya dengan mengetikkan http://localhost/yii2-app-basic/web/index.php. Silahkan bereksplorasi semaumu.

Baca juga:  Review Menggunakan Layanan Niagahoster

Sekian,
Semoga bermanfaat.

NB: Tutorial tadi merupakan penjelasan dari tutorial cara install Yii2 via composer di website resminya http://www.yiiframework.com/doc-2.0/guide-start-installation.html

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *