Cara Membuat Kuesioner Online Melalui Google Drive

Cara Membuat Kuesioner Online Melalui Google Drive

Diposting pada

Saya akui memang sejauh ini saya belum pernah membuat tutorial mengenai cara membuat kuesioner online melalui Google Drive, dan sekarang nampaknya merupakan waktu yang tepat untuk melakukannya. Di sini saya akan mencoba membuatnya melalui Google Drive untuk memudahkan kalian semua dalam melakukannya.

Patut untuk kita ketahui bersama bahwa pembuatan kuesioner online merupakan sebuah hal penting yang sering dilakukan oleh perusahaan dan mahasiswa untuk memenuhi segala apa yang mereka butuhkan seperti halnya riset ilmiah, pengumpulan data, tugas akhir dan hal-hal penting lainnya. Di luar dari itu, mungkin saja kita akan dapati pula para pelaku bisnis online yang juga memerlukan sebuah kuisioner online untuk menjalankan usaha mereka. So, mari kita bahas bareng-bareng mengenai cara membuat kuisioner online melalui Google Drive.

Kuisioner online merupakan sebuah terobosan baru yang sangat berbeda dengan kuisioner yang sifatnya tradisional, hal itu dikarenakan pembuatan kuisioner online dirasa lebih efisien dan efektif dibandingkan kita membuat kuisioner tradisional. Tanpa harus merogoh kocek, kita sebenarnya sudah bisa membuat sebuah kuisioner online baik dengan SurveyMonkey, Google Docs, maupun Google Drive, semuanya tersedia dan bisa kita manfaatkan fasilitas-fasilitas tersebut.

Baca juga:  Rekam Suara yang Jernih Dengan Mikrofon Eksternal

So, well… Banyaknya platform kuesioner online yang tersedia seringkali membuat kita bingung, sehingga kita harus menganalisa dan mengenalinya agar kita dapat memilih platform yang tepat untuk membuat sebuah kuisioner online. Namun karena pembahasan kali ini adalah mengenai cara membuat kuesioner online menggunakan Google Forms, so, pembahasan mengenai perbandingan antara platform-platform tersebut, kita akan lanjutkan pada artikel berikutnya.

Cara Membuat Kuesioner Online Melalui Google Drive

Untuk membuat sebuah kuesioner online dengan Google Forms atau Google Docs, sobat bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

Baca juga:  Cara Pesan GO-FOOD Melalui GO-JEK

1. Karena untuk membuat sebuah kuesioner online menggunakan Google Forms harus melalui Google Drive, sobat harus terlebih dahulu meluncur ke www.drive.google.com

2. Saya asumsikan sobat sudah mempunyai akun  Google, jika sobat belum mempunyai akun Google, buatlah akun Google terlebih dahulu dengan mengikuti cara ini. Jika sobat sudah mempunyai akun Google, langsung saja sign in ke akun Google Drive sobat.

3. Pada sidebar menu, pilih “new”, kemudian pada menu more, pilih Google Forms.

4. Selanjutnya kamu akan dibawa ke sebuah halaman yang mengharuskan kamu untuk memasukkan data-data yang diinginkan seputar kuesioner yang ingin Anda buat. Isilah data-data tersebut sesuai kebutuhan.

5. Setelah semua data yang dibutuhkan sudah diisi semuanya, silahkan pilih view life form untuk melihat semua data yang telah Anda inputkan.

6. Jika semuanya sudah ok, kini saatnya Anda mengirim link kuesioner online yang telah dibuat tadi kepada responden yang bersangkutan dengan menekan tombol send form yang terletak di sebelah kanan atas.

Baca juga:  Cara Cepat Mengcopy Teks

7. Jika dirasa link kuesioner yang kalian dapatkan terlalu panjang, kamu mungkin harus meperpendeknya terlebih dahulu melalui cara ini.

8. Selanjutnya, kamu sudah bisa menyebarkan link tersebut ke semua orang yang kamu inginkan mereka untuk mengisi kuesioner kamu.

Itulah sedikit mengenai cara membuat kuesioner online melalui Google Drive menggunakan Google Forms yang bisa sobat lakukan jika sewaktu-waktu sobat membutuhkannya.

Demikian,

Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *