cara membuat password yang aman dan kuat
cara membuat password yang aman dan kuat

Cara Membuat Password yang Aman dan Kuat

Diposting pada

Postingan ini merupakan lanjutan dari postingan sebelumnya tentang cara menyimpan password yang aman. Sebelum kita menyimpan password yang aman, pastinya kita terlebih dahulu mencari cara membuat password yang aman dan kuat. Itulah yang kita bahas pada postingan ini.

Membuat kata sandi atau membuat password yang aman dan kuat itu kalau diibaratkan seperti membuat suatu pertahanan atau sistem yang kuat. Semakin rumit pertahanan dan sistem tersebut, maka semakin kuat dan aman pula. Sebaliknya, semakin mudah suatu sistem, maka semakin lemah pula pertahanannya. Singkatnya keamanan suatu hal, berbanding lurus dengan rumitnya suatu sistem.

Kita analogikan dengan contoh yang simpel saja. Pernahkah sobat berfikir tentang cara menciptakan password yang mudah diingat? Pastinya pernah. Mereka yang tidak mengetahui tentang hal ini, beberapa dari mereka akan membuat puluhan password menggunakan tanggal lahir untuk puluhan akun. Secara logika hal tersebut sangat terlihat jelas, bahwa sistem yang mereka bangun jauh dari kata rumit. Kemudahan sistem yang mereka bangun akan berdampak sangat serius pada keamanan mereka. Bisakah sobat bayangkan jika ada orang yang tak dikenal mengetahui tanggal lahirnya, dan mencoba membuka banyak akunnya dengan tanggal lahir tersebut? If You know what I mean!

Baca juga:  Obsesi Menjadi Hacker, Untuk Apa?

Bandingkan dengan pembuatan password yang terdiri dari nomor, simbol dan karakter yang tak beraturan dan susah dihafal. Penyerangan terhadap password tersebut dengan menggunakan teknik brute force attack bisa berlangsung selama sebulan tanpa henti dan tidak menjamin pelakunya berhasil mendapatkan password, maka apa yang terjadi jika setiap akun memiliki password yang rumit dan berbeda, butuh berapa lama waktu untuk memecahkannya? If You know what I mean!

Lebih detil mengenai karakteristik password yang aman dan kuat bisa sobat lihat di bawah ini:

1. Terdiri setidaknya 8 karakter

2. Menggabungkan antara huruf, nomor, dan simbol

3. Tidak tersedia pada kamus manapun

4. Bukan merupakan sebuah perintah

5. Bukan nama orang

6. Bukan nama pengguna

7. Selalu dirubah secara berkala

8. Setiap akun memiliki password yang berbeda dan tidak memakai ulang password yang pernah digunakan sebelumnya
Gunakan password yang berbeda untuk setiap akun. Menggunakan password yang sebelumnya pernah digunakan sangat berisiko. Jika seseorang mengetahui sandi sobat untuk satu akun, sangat mungkin mereka bisa mendapatkan akses ke informasi pribadi sobat, atau layanan online lainnya seperti berbelanja atau perbankan.

9. Mengandung spasi

Baca juga:  Cara Menyimpan File di Google Drive Paling Aman

10. Jangan jadikan infomasi pribadi dan kata yang umum sebagai password
buatlah password yang unik menggunakan kombinasi huruf, angka, dan simbol yang tidak berhubungan dengan informasi pribadi. Misalnya, sobat dapat memilih kata atau frasa acak dan masukkan huruf serta nomor ke awal, tengah, dan akhir agar sulit ditebak (seperti “sKoOkupll@0w3En”). Tidak menggunakan kata atau frasa sederhana seperti “akukamu” atau “perkosasaya,” pola keyboard seperti “qwerty” atau“qazwsx” maupun pola berurutan seperti “abcd1234” yang membuat sandi lebih mudah ditebak.

Itulah detil mengenai karakteristik password yang aman dan cara membuat password yang aman dan kuat. Semakin sulit password diinput dan semakin sulit dihafal, maka akan semakin aman. Semakin mudah sebuah password untuk diinput dan semakin mudah dihafal, maka akan semakin mudah untuk diserang dan ditebak.

Baca juga:  Cara Mematikan Antivirus Smadav di Windows 7

Ingat, keamanan berbanding lurus dengan kenyamanan. Semakin tidak nyaman maka semakin aman, semakin nyaman maka semakin tidak aman.

Semoga tutorial mengenai cara membuat password yang aman dan kuat dapat dengan mudah dipahami.

See You next time…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *