Cara Menambahkan Widget Footer di WordPress

Diposting pada

Widget? Pernah denger widget sob? Di google sering kita temui artikel yang judulnya “cara menambahkan widget footer di WordPress”, “cara membuat widget footer di WordPress”, “cara menambah kolom widget pada footer”, “cara membuat footer dua kolom atau tiga kolom di WordPress”, “cara membuat footer di WordPress” dan masih banyak lagi. Semua judul di atas masih dalam ruang lingkup footer.

Sobat semuanya, untuk menambahkan widget footer di WordPress, perlu dibuat elemen footer terlebih dahulu. Penambahan elemen khususnya pada footer tidak lain untuk menambahkan widget pada footer atau konten pada elemen tersebut. Penambahan elemen pada web sama seperti membangun suatu bangunan, untuk membangun suatu bangunan maka kita harus mempersiapkan tanah terlebih dahulu, kita tentukan luasnya, kita tetapkan juga tanah mana yang ingin kita jadikan bangunan, dalam pembuatan web, istilah ini disebut dengan pembuatan elemen web. Nah, setelah pembuatan elemen web dilakukan, maka tahap kedua yang dilakukan adalah dengan membangun widget, itu jika elemen web yang kita bangun adalah elemen footer atau elemen sidebar di WordPress.

Baca juga:  Membuat Header Blog

Karena ini tutorialnya bersambung, ada baiknya sobat ikuti tutorial pembuatan template WordPress dari awal biar gak bingung. Sobat bisa membacanya di https://www.kafeinkode.com/membuat-template-wordpress. Setelah sobat membacanya dan mempraktekkannya, sekarang kita mulai membuat elemen footer terlebih dahulu.

Step 1: buka footer.php lalu ketikkan code di bawah ini, lalu letakkan di atas code <div class=”clear”></div>.

[html]

<div id="footer-top">

</div>

[/html]

Step 2: Kita styling elemen di atas. buka file style.css lalu letakkan kode di bawah ini, lalu save:

Baca juga:  Warning: Cannot modify header information - headers already sent

[css]
#footer-top{width: 100%;float: left;margin-top: 70px;background: #333;color: #ababab;text-align: center;padding-top: 30px;padding-bottom: 20px;}
[/css]

Step 3: Elemen sudah dibuat, kini saatnya kita menambahkan widget pada footer. Buka functions.php, lalu letakkan kode di bawah ini, lalu save:

[php]
register_sidebar(array(
‘name’ => ‘Footer Advertisement’,
‘id’ => ‘footer-ad’,
‘description’ => ‘Ad footer widget area’,
‘before_widget’ => ‘

<div id="footer-widget3">’,
‘after_widget’ => ‘</div>

‘,
‘before_title’ => ‘

<h2>’,
‘after_title’ => ‘</h2>

‘,
));
[/php]

Kode di atas untuk meregister elemen agar dapat dipasang widget.

Step4: Setelah elemen widget sudah diregister, sekarang tinggal kita memanggilnya. Buka lagi footer.php, cari kode di bawah ini, lalu hapus:

Baca juga:  Cara Mengatasi Error Pada RSS Feed WordPress

[html]

<div id="footer-top">
</div>

[/html]

ganti dengan kode ini:

[html]

<div id="footer-top">
<?php if ( !function_exists(‘dynamic_sidebar’) || !dynamic_sidebar(‘footer-ad’) ) : ?>
<?php endif; ?>
</div>

[/html]

kemudian save.

Step 5: Masuk ke pengaturan widget, dan Anda bisa lihat, widget sudah diregister, Anda tinggal memilih widget mana yang ingin kita tampilkan, dalam hal ini saya memilih widget recent comment untuk ditampilkan.
widrec
save. Dan Anda bisa lihat, hasil akhirnya seperti ini:
footerwid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *