Cara Menambahkan Widget Ke Header Blog WordPress

Cara Menambahkan Widget Ke Header Blog WordPress

Diposting pada

Widget footer, widget sidebar, ataupun widget header, semuanya masuk dalam cakupan pembuatan template WordPress. Cara menambahkan widget ke header blog WordPress atau ke sidebar, maupun footer pada dasarnya sama saja, tapi kali ini kita akan fokus tentang cara menambahkan widget ke header blog WordPress. Yang saya harapkan dengan kita fokus di satu titik, bisa dipahami dan diikuti oleh yang buta akan bahasa pemrograman sekalipun.

Widget, apa sih itu widget? Apa kegunaan dan fungsinya? Dan untuk apa sebenarnya kita memasang widget? Widget itu banyak kegunaannya bro, di antara kegunaannya adalah untuk menempatkan suatu script ke dalam blog. Kegunaan lainnya bisa kita gunakan untuk menaruh objek dan plugin, objek dan plugin apapun itu, bisa berupa gambar, video, atau yang lainnya seperti kalender misal, RSS Feed, dan masih banyak lagi. So, kalo dibahasakan, widget itu seperti sebuah wadah yang digunakan untuk menaruh objek, singkatnya gitulah. Seperti sebuah ember, jika kita ingin mengambil air hujan yang jatuh dari langit, maka sediakanlah ember kosong untuk ditaruh di tempat yang terkena hujan. Begitu sob!

Baca juga:  Mengenal Elemen-Elemen Website

Nah, berbicara mengenai widget header blog ini, biasanya para blogger menggunakannya untuk menaruh iklan. Iklan apapun itu, bisa iklan adsense atau yang lainnya. Iklan ini biasanya ditaruh persis di samping judul blog header. Tentunya iklan ini ditaruh di dalam header dong…

Karena iklan ini merupakan sebuah objek, diibaratkan seperti air hujan yang ingin kita tampung, maka untuk menampungnya kita butuh sebuah ember, ember ini diibaratkan sebuah widget. Karena iklan ini ingin ditampilkan di dalam header blog WordPress di samping judul blog, maka widget pun harus diletakkan di dalam header blog WordPress di samping judul blog pula. Sampai sini analoginya harus dipahami.

Baca juga:  Gambar Tidak Muncul di Plugin Advanced Post Slider?

Tidak perlu bertele-tele, kita akan langsung mempraktekkan cara menambahkan widget ke header blog WordPress sekarang juga. Saya asumsikan sobat telah membaca artikel tentang cara membuat header blog terlebih dahulu.

Step 1:
Silahkan sobat buka file header.php sobat,  kemudian tambahkan kode di bawah ini tepat di antara kode <header> dan </header>

[php]

<div class="adsheader">
<?php if ( !function_exists(‘dynamic_sidebar’) || !dynamic_sidebar(‘header-ad’) ) : ?>
<?php endif; ?>
</div>

[/php]

Jangan lupa simpan file header.php. Kode di atas untuk memeriksa apakah widget yang telah diregister tersedia atau tidak? Jika ya, maka terapkan!

Step 2:
Register widget ke functions.php. Maksud dari meregister itu menaruh, anggap saja seperti menaruh ember di sebuah lapangan untuk menampung air hujan, gitu bro. Bagaimana caranya? Tinggal taruh kode ini saja:

[php]
register_sidebar(array(
‘name’ => ‘Header Advertisement’,
‘id’ => ‘header-ad’,
‘description’ => ‘Ad header widget area’,
‘before_widget’ => ‘

Baca juga:  Cara Pesan GO-FOOD Melalui GO-JEK

<div id="header-widget1">’,
‘after_widget’ => ‘</div>

‘,
‘before_title’ => ‘

<h2>’,
‘after_title’ => ‘</h2>

‘,
));
[/php]

Step 3:
Tinggal kita styling saja. Biar penempatannya pas sesuai dengan ukuran, dalam hal ini kita akan bermain CSS. Silahkan taruh kode ini:

[css]
.adsheader{float: right; width:67.94%; height: 80px;}
.adsheader img{max-width:100%;height:100%;}
[/css]

Selesai sudah pemasangan widget header di blog WordPress atau cara menambahkan widget di samping header, lanjut ke tutorial berikutnya yaitu tentang cara memasang iklan di dalam header blog WordPress.

Demikian,
Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *