Cara Mengembalikan File yang Hilang di Flashdisk

Cara Mengembalikan File yang Hilang di Flashdisk

Diposting pada

Dalam dunia IT tidak ada yang mustahil untuk dilakukan apalagi hanya untuk sekedar menemukan atau mengembalikan file atau folder yang hilang khususnya di flashdisk, entah itu file gambar, video maupun file-file lainnya seperti teks, dan file aplikasi, jadi kamu tidak perlu khawatir dan takut lagi terhadap data-data kamu yang hilang. Hanya dengan mengikuti tutorial mengenai cara mengembalikan file yang hilang di Flashdisk, kamu sudah bisa menemukan kembali file-file dan data-data yang hilang dengan mudah tanpa harus ribet alias rempong.

Perlu diketahui sobat semuanya, bahwasanya ada banyak sekali faktor dan hal-hal yang dapat menyebabkan file-file dan folder-folder yang berada di flashdiskmu hilang, bisa karena virus, bisa dikarenakan rusaknya device flashdisk Anda, dan masih banyak faktor-faktor lainnya yang musti kita analisa lebih dalam. Yang jelas, ketika sobat menemui problem semacam ini, tetaplah tenang dengan terus mencari solusi dan tutorial mengenai cara mengembalikan file yang hilang di flashdisk.

Baca juga:  Cara Curang Meningkatkan Skor Tes IQ

Sebelum kita bahas lebih lanjut mengenai cara mengembalikan file yang hilang di flashdisk, ada baiknya apabila sobat memastikan terlebih dahulu penyebab file yang ada di flashdisk tersebut hilang. Untuk memastikannya sobat bisa melakukan cara di bawah ini:

1. Masuk ke windows explorer.
2. Pilih drive disk di mana flashdisk berada, biasanya di “F” atau di “G”, yang jelas pada umumnya bukan di “C” maupun di “D”.
3. Klik kanan pada drive disk di mana flashdisk berada, kemudian klik properties.
4. Masuk ke tab properties, lalu perhatikan used spacenya. Pastikan valuenya tidak menunjukkan angka nol, jika ya berarti file yang ada pada flashdisk sobat hilang disebabkan karena virus

Ok sobat semuanya, setelah kita mengetahui penyebabnya, agar masalah cepat terselesaikan maka ada baiknya kita langsung membahas mengenai cara mengembalikan file yang hilang di flashdisk yang hilang. Perlu dipahami sobat semuanya,  bahwa ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mengembalikan file yang hilang di flashdisk. Kamu bisa mencoba banyak cara dengan mengikuti langkah-langkah yang saya jelaskan di bawah ini:

Baca juga:  Cara Mengubah Jaringan 3G ke 4G Paling Mudah

A. Mengembalikan file yang terhapus secara permanen khususnya di flashdisk
Untuk mengembalikan file yang terhapus secara permanen, kita membutuhkan aplikasi khusus untuk recovery file. Ada banyak aplikasi-aplikasi semacam ini di internet. Sobat bisa menggunakan Recuva untuk mengembalikan file yang hilang di flashdisk.

B. Mengembalikan file yang hilang di Flashdisk dengan menggunakan CMD
1. Buka CMD pada windows dengan cara mengetikkan ‘cmd’ tanpa tanda kutip pada kotak input search yang tersedia di windows.
2. Setelahnya maka akan muncul aplikasi Command Prompt, buka aplikasinya lalu ketikkan perintah di bawah ini satu persatu:
CD [TEKAN ENTER]
F: [Saya asumsikan drive flashdisk Anda berada di F, lalu tekan enter]
ATTRIB *.* -S -H -R /S /D [Tekan enter]
3. Tunggu sebentar, maka file yang hilang di flashdisk Anda akan muncul kembali

Baca juga:  Cara Pesan Tiket Kereta Api di Traveloka

C. Mengembalikan file yang hilang di Flashdisk dengan menggunakan CTRL+Z
Cara ini pada hakekatnya berlaku khusus untuk sebuah kasus di mana terbuangnya suatu file bukan dikarenakan adanya operasi penghapusan menggunakan CTRL+DEL, tapi hanya sebuah metode penghapusan biasa tanpa melibatkan CTRL+DEL. File-file yang dihapus tanpa melibatkan CTRL+DEL biasanya akan masuk ke recycle bin. Untuk mengembalikannya, sobat bisa menerapkan langkah-langkah di bawah ini:
1. Masuk ke program recycle bin

2. Pilih file atau folder yang ingin dikembalikan, lalu pilih restore this item.

Nah, itulah mungkin beragam cara mengembalikan file yang hilang di flashdisk.

Semoga bermanfaat!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *