Cara Mengaktifkan 4G di Smartphone Android
Cara Mengaktifkan 4G di Smartphone Android

Cara Mengubah Jaringan 3G ke 4G Paling Mudah

Diposting pada

Halo sobat semuanya, bagi kamu yang hidup di zaman now ini kamu harus tau cara mengubah jaringan 3G ke 4G paling mudah, kamu juga harus tau cara upgrade atau merubah jaringan 3G ke 4G tanpa PC. Kenapa? Karena saat ini sudah masuk ke fase 4G, sehingga tanpa kamu sadari, kamu harus tau  cara upgrade sinyal 3G ke 4G atau cara mengubah hp 3G menjadi 4G. Tapi pertanyaannya adalah, bisakah HP 3G menjadi 4G? Sangat bisa sob. Cukup dengan membaca artikel ini, kamu sudah bisa mengubah jaringan 3G ke 4G atau merubah sinyal 3G ke 4G.

Dari salah satu diantara sekian banyak keuntungan yang bisa kita dapatkan dengan merubah jaringan 3G ke 4G adalah koneksi internet yang bisa kita gunakan secara maksimal, karena pada prinsipnya 4G menawarkan kecepatan yang lebih baik dibanding 3G. Dengan kamu menggunakan jaringan 4G, kamu bisa berselancar di dunia internet dengan cepat, termasuk di dalamnya urusan upload dan download. Sehingga dengan keberadaan 4G saat ini di tengah-tengah kita, benar-benar melazimkan kita untuk mengupgrade dan merubah sinyal 3G ke 4G.

Baca juga:  Cara Menghapus Aplikasi di Laptop

Namun di tengah boomingnya jaringan 4G saat ini, sayangnya masih banyak kita dapati smartphone-smartphone saat ini yang masih menggunakan jaringan 3G, sehingga untuk merubahnya ke 4G, maka mau tidak mau kita harus mengoprek terlebih dahulu smartphone tersebut.

Untuk mengopreknya sebenarnya tak perlu kita bongkar-bongkar bautnya dan hardwarenya. Secara umum, sebenarnya kita bisa melakukannya dengan hanya mengoprek sistem softwarenya dengan beberapa sentuhan dan trik. Caranya mungkin agak sedikit ribet dan sulit, namun dengan kamu menekuninya, merubah jaringan 3G ke 4G bukan mustahil lagi untuk dilakukan.

Ingin tau lebih lanjut mengenai tips cara mengubah jaringan 3G ke 4G paling mudah? Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan dan kamu terapkan di smartphone kamu!

1. Pastikan terlebih dahulu bahwa lokasi dan area yang kamu tinggali sepenuhnya tercover sinyal 4G. Karena akan sangat percuma jika kamu bersikeras untuk tetap merubah smartphone kamu ke 4G, tetapi area yang kamu temapati sama sekali tidak tercover area 4G. Walhasil, kamu tidak akan pernah bisa memakai koneksi 4G kecuali di area-area yang tercover 4G

Baca juga:  Cara Dapatkan Internet Gratis Telkomsel 10 GB

2. Pastikan smartphonemu mendukung jaringan 4G, karena tidak semua smartphone mendukung jaringan 4G. Smartphone yang tidak mendukung jaringan 4G sama sekali tidak bisa digunakan untuk menikmati jaringan 4G. Jika memang smartphonemu tidak memiliki fitur 4G, maka satu-satunya cara adalah dengan membeli smartphone baru yang support 4G.

Nah, untuk mengetahui dan memastikan apakah smartphonemu mendukung jaringan 4G atau tidak, caranya adalah dengan mencari informasi produk smartphonemu di internet. Kamu bisa melakukannya dengan mengetikkan smartphonemu, misal smartphonemu adalah Redmi 3s, maka cari di Google dengan kata kunci “spesifikasi Redmi 3s”, dengan begitu kamu akan mendapatkan informasi penuh seputar smartphone Redmi 3s. Dari situ kemudian kamu akan mengetahui apakah smartphonemu support 4G atau tidak. Jika support, kamu bisa merubahnya ke 4G apabila secara default smartphonemu masih menggunakan jaringan 3G.

3. Masuk menu setting

Baca juga:  Aplikasi Cepat Dapat Order GO-JEK Paling Ampuh

• Pilih wireless and networks lalu pilih more setting

• Setelah itu pilih mobile network lalu network mode

• Centang pada WCDMA Only atau WCDMA Prefffered atau juga 4G LTE, tergantung pilihan anda.

• Silakan menunggu beberapa saat, untuk menyesuaikan signal yang sedang berubah

Cara Ubah Sinyal HP Android ke 3g/ HSDPA 4G LTE Saja :

• Ketikan *#*#4636#*#* pada menu telepon atau dial

• Lalu akan terbuka sebuah pop up menu “Testing”

• Setelah itu pilih phone information

• Cari dan pilih ‘Set preferred network type’, kemudian pilih WCDMA Only atau 4G LTE only

Itulah mungkin tutorial mengenai cara mengubah jaringan 3G ke 4G paling mudah. Semoga dapat dipahami!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *