Cara Paling Mudah Memasang SSL Gratis di cPanel

Diposting pada

Website atau blog saat ini mayoritas sudah dipasangi SSL, dari yang sebelumnya HTTP berubah menjadi HTTPS setelah dipasangi SSL. Dulu saya sempat beranggapan bahwa untuk memasang SSL di website itu berbayar, tapi anggapan itu saat ini telah dipatahkan karena baru-baru ini saya menemukan cara paling mudah memasang SSL gratis di cPanel.Pengamanan website dengan HTTPS sebetulnya tidak hanya untuk gaya-gayaan semata, lebih dari itu fungsi SSL yang merupakan kependekan dari secure socket layer sangat penting bagi keamanan website agar data-data yang terkirim tidak diintip dan tidak dicuri oleh sniffer. Kasus pengintipan data biasa terjadi ketika Anda menekan tombol submit setelah Anda menginputkan username dan password Anda pada form login, data-data yang Anda submit dapat dengan mudah disadap oleh pihak ketiga apabila website Anda hanya menggunakan HTTP, namun dengan Anda menggunakan HTTPS, sniffing semacam itu akan sulit untuk dilakukan sehingga website Anda menjadi lebih aman dan lebih sulit untuk ditembus oleh hacker.

Baca juga:  Agar Jaringan Wi-Fi Tidak Mudah dibobol

Kalau kita pelajari lebih dalam, ternyata dunia SSL ini sangatlah luas. Ada SSL berbayar dari mulai yang pertahunnya 200-300 ribu bahkan ada SSL yang pertahunnya sampai 4 juta rupiah. Saya sendiri tidak begitu paham perbedaan masing-masing dari SSL berbayar tersebut. Bagi para blogger khususnya blogger pemula, SSL berbayar macam itu biasanya tidak terlalu dibutuhkan, karena ada layanan SSL gratis yang disediakan secara default oleh cPanel.

Untuk memasang SSL gratis di cPanel sebenarnya sangat mudah. Anda cukup mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Pastikan blogmu dibuat dengan WordPress dan dihosting di layanan hosting yang berbayar.
  2. Masuk ke dalam akun cPanelmu, lalu arahkan ke menu SECURITY di bawah ini. Di dalamnya ada beberapa pilihan menu, sobat pilih menu Lets Encrypt SSL
  3. Setelah halaman tersebut terbuka, sobat akan dihadapkan dengan domain blog sobat yang sobat miliki, cek apakah domain blog sobat sudah divalidasi auto SSL atau belum? Jika belum, domain tersebut biasanya akan berwarna merah, jika sudah, biasanya berwarna hijau. Jika domain sobat belum divalidasi auto SSL, silahkan validasi di halaman itu dengan centang domain yang akan divalidasi kemudian klik Run Auto SSL, tunggu beberapa saat, biasanya memakan waktu sekitar 2-3 menitan.
  4. Setelah berhasil divalidasi, sobat perlu mengeceknya di SSLShopper untuk memastikan apakah blog sobat sudah terpasang SSL gratis atau belum, jika sudah terpasang, biasanya akan muncul tampilan seperti di bawah ini:
  5. Sampai pada tahap ini, blog sobat belum sepenuhnya HTTPS. Sobat hanya perlu melakukan satu step lagi yaitu dengan menginstall dan mengaktifkan plugin Really Simple SSL di WordPress.
  6. Setelah plugin tersebut berhasil diaktifkan, masuk ke menu Settings > SSL

    Di situ sobat akan menemukan tombol Go ahead, activate SSL!

    Klik tombol tersebut, jika berhasil maka akan muncul pesan di bawah ini:
  7. Agar sobat benar-benar yakin, sobat bisa reload website sobat, jika tampilannya sudah seperti di bawah ini, artinya SSL gratis sudah berhasil terpasang di blog sobat
Baca juga:  Perkembangan Internet Banking di Indonesia

Itulah tutorial lengkap mengenai cara paling mudah memasang SSL gratis di cPanel.

Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *