Export Data ke Excel di Yii2

Diposting pada

Ada banyak jenis file yang digunakan untuk menyimpan data. Ada file yang berkestensi .sql, .pdf, .csv dan lain lain. Namun, untuk kali ini kita akan coba untuk melakukan export data ke excel di Yii2. Karena file yang ingin kita backup atau kita export dalam bentuk excel, maka ektensinya adalah .xls. Singkatnya begini, data yang kita tampilkan dari MySQL ke web dalam bentuk tabel, kita coba membackupnya atau mendownload data-datanya dalam bentuk format xls, ehingga nanti data-data tersebut bisa kita buka dengan LibreOffice calc (jika di Linux) atau bisa juga dengan Microsoft Excel (di Windows). Tentunya data-data tersebut bisa kita gunakan dan kita manfaatkan sesuai kebutuhan kita. Itulah yang kita bahas kali ini, yaitu tentang cara export data ke excel di Yii2.

Dari penjelasan di atas tentunya sobat sudah paham apa maksud dari export data ke excel di Yii2. Jika memang sudah paham, gak usah basa-basi, langsung saja kita memulainya sekarang juga. Kita bahas caranya step by step.

Baca juga:  Cara Membuat Diskon Pada WooCommerce Dengan YITH Dynamic Pricing Plugin

Export Data ke Excel di Yii2

Step 1: Dalam hal ini saya asumsikan sobat sudah mempunyai data-data yang ingin sobat rubah ke dalam file .xls. Data tersebut sobat bisa menampilkannya dalam bentuk gridview, listview atau yang lainnya terserah.

Step 2: Pada langkah kedua ini, kita akan membuat functionnya. Di mana function yang akan kita buat ini, di dalamnya berisi kode-kode untuk memanggil data-data yang telah kita buat sebelumnya. Dalam hal ini, data yang saya siapkan dalam bentuk gridview, sehingga pemanggilannya seperti dibawah ini. Di samping itu pula terdapat kode-kode untuk mengconvert data-data yang tersimpan pada MySQL ke dalam bentuk .xls. Berikut kodenya:

Baca juga:  Mengakses Banyak Model di Yii2

[php]
public function actionExprofilguruall(){
$model = Profilguru::find();
$searchModel = new ProfilguruSearch();
$dataProvider = $searchModel->search(Yii::$app->request->queryParams);

$filename = ‘Data-‘.Date(‘YmdGis’).’-Mahasiswa.xls’;

header("Content-type: application/vnd-ms-excel");
header("Content-Disposition: attachment; filename=".$filename);

$model = $this->renderPartial(‘cetakprofilguruall’, [‘model’ => $model,  ‘dataProvider’ => $dataProvider, ]);

echo $model;
}
[/php]

Silahkan kode di atas sobat sesuaikan dengan data-data sobat.

Selesai. Tinggal panggil actionnya aja di view. Cukup dengan cara simpel di atas sobat sudah bisa export data ke excel di Yii2 atau membuat laporan dalam bentuk excel .xls.

Baca juga:  Membuat Laporan PDF Dengan MPDF di Yii2

Kadang code uncode dengan sendirinya, untuk decodenya, cukup menggunakan https://codebeautify.org/html-decode-string

Sekian,Semoga bermanfaat.

6 thoughts on “Export Data ke Excel di Yii2

    1. Taruh di controller kalau mau bikin menu, taruh di site/controller. tambahkan menu di main.php atau index.php arahkan link ke /site/exprofilguruall

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *