Kumpulan Commands Cisco CCNA

Kumpulan Commands Cisco CCNA

Diposting pada

Dalam networking khususnya CCNA, ada teori ada juga praktek. Untuk menguasai teori, harus dengan menghafal dan memahami setiap pengertian dan istilah-istilah dalm dunia networking. Sedangkan untuk praktek, kita dituntut untuk menguasai kumpulan commands cisco CCNA.

Nah, bagi kamu yang sedang bersiap-siap dan sedang menghafalkan commands untuk sertifikasi internasional Cisco CCNA, adakalanya artikel ini sangat bermanfaat buat kamu, karena di dalamnya terdapat kumpulan commands cisco CCNA yang saya rangkum dari http://cisco.camre.ac.uk. Dimulai dari CCNA1, dan berlanjut sampai CCNA2, 3,dan 4.

Anda bisa mendownload kumpulan commands Cisco CCNA melalui link download di bawah ini:

[sociallocker] https://drive.google.com/open?id=1oY6xfFg9v2-YIfA7Dz_PXy2QkuwUqokt [/sociallocker]

Agar sobat semuanya bisa dengan mudah mempelajari ebook kumpulan commands Cisco CCNA di atas, ada baiknya apabila sobat terlebih dahulu mempelajari konsep dasar dari networking, mencakup di dalamnya IP addressing, subnetting dan juga VLSM.

Baca juga:  Cara Menyambungkan dan Mengaktifkan Wi-Fi ke Laptop

Kenapa saya sarankan sobat semuanya untuk mempelajari konsep networking di atas? Karena antara commands CCNA dengan konsep networking memiliki hubungan yang sangat erat. Ibarat sebuah lautan, akan sangat lucu kalau tidak ada airnya. Laut disebut dengan laut karena memiliki air yang begitu melimpah. Tanpa adanya air, apakah akan tetap disebut sebagai laut?

Hal lain lagi yang harus sobat ketahui semuanya, bahwa untuk mempelajari kumpulan commands CCNA paling lengkap di atas, sobat butuh praktek, dan untuk mempraktekkannya, sobat membutuhkan simulasi berupa Packet Tracer yang bisa sobat dapatkan melalui website resminya.

Baca juga:  Cara Mengatasi Limited Access Wi-Fi Pada Windows 7

Kenapa simulasi? Kenapa tidak lansgung menggunakan real device? Realistis saja sob, ketika kita ingin jadi pilot, awal kita belajar, kita gak bisa langsung menggunakan pesawat, tapi terlebih dahulu kita menggunakan simulasi pesawat untuk meminimalisir segala resiko fatal yang dapat terjadi. Bayangkan, jika pada awal belajar menggunakan pesawat beneran, kemudian kita tewas setelah terjadi kecelakaan hebat di sela-sela latihan, siapa yang akan menyumbangkan nyawa agar kita tetap dapat bertahan hidup?

Pun sama halnya dengan kita mempelajari networking, dengan beberapa pertimbangan kita tidak bisa langsung menggunakan real device. Alasan utamanya adalah karena harganya mahal, di mana 1 buah router harganya bisa mencapai ratusan juta, bagaimana jika kita membutuhkan 10 router? Berapa banyak uang yang harus kita keluarkan? Selain harga yang mahal, pengoperasiannya pun lebih rumit dibanding kita menggunakan software simulasi.

Baca juga:  Cara Merubah MAC Address

Sekian,

Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *