Membuat Fasilitas Download di WordPress

Diposting pada

Menggunakan fasilitas cloud atau situs untuk mengunggah file agar dapat didownload seperti halnya Mediafire, DropBox, 4Shared dan semacamnya merupakan fasilitas yang sering kita gunakan, tapi pernahkah kita berpikir bagaimana membuat fasilitas download di WordPress?

Ya, membuat fasilitas download di WordPress, keren kan? dengan kita membuat fasilitas download di WordPress, kita jadi tidak perlu repot-repot lagi memanfaatkan situs-situs yang tadi disebutkan diatas. Lalu emang apa untungnya kita membuat sendiri fasilitas download di WordPress? Berikut Saya akan sedikit mengulas plus minus membuat fasilitas download di WordPress Vs Memanfaatkan situs-situs untuk mengunggah file agar dapat didownload.

[+] Kelebihan:
+ Dengan memanfaatkan dan membuat fasilitas download di WordPress kita bisa upload file sesuka kita.

ya, dengan memanfaatkan fasilitas download di WordPress kta bisa upload file sesuka kita mau file jenisnya apa, mau besarnya seberapapun terserah asal spacenya mencukupi, beda halnya dengan media penyimpanan online, jika kita memilih versi free, maka admin akan membatasi file yang ingin kita uplaod.

+ Dengan memanfaatkan dan membuat fasilitas download di WordPress, kita bebas mengupload file apa saja yang kita kehendaki tanpa adanya campur tangan pihak ketiga.
Inilah kelebihan yang kedua, coba sekarang Anda bandingkan dengan media penyimpanan online seperti Mediafire, jika file yang kita uplaod tidak disetujui bisa-bisa filenya dihapus oleh Admin, tapi Saya sendiri belum pernah mengalami masalah ini sampai saat ini.

Baca juga:  Merubah Format Tanggal di WordPress

+ Dengan memanfaatkan dan membuat fasilitas download di WordPress, kita akan terlihat lebih professional dan serius.
Bagaimana tidak? coba Anda bayangkan, hosting beli sendiri, uang yang dikeluarkan pun tidak sedikit, dan sistemnya pun kita buat sendiri, disitu jelas-jelas terlihat bahwa kita memang benar-benar serius dalam menggarap website. Bandingkan dengan yang menggunakan media penyimpanan online gratisan, atau dengan menggunakan blogspot dah yang gratisan, wkwkkwkw mana yang lebih professional? Saya rasa pilihan yang pertama jelas terlihat professional.


[-] Kekurangan:
– Mahalnya membeli hosting untuk menyimpan file di dalamnya agar dapat didownload.

jika kita bandingkan, untuk membeli space hosting dengan besar 1 GB / 3 tahun berkisar 700 ribuan, namun di Mediafire kita bisa mendapatkan space 10 GB secara cuma-cuma.

– Konfigurasi dan pengaturan yang rumit.
Untuk dapat memanfaatkan fasilitas download di WordPress dibutuhkan keahlian dalam memahami bahasa pemrograman, namun nampaknya kita cukup beruntung karena ada plugin gratisan yang bernama “wp-downloadmanager”, dengan hadirnya plugin tersebut, kita hanya perlu memasangnya dan melakukan sedikit pengaturan agar plugin tersebut dapat digunakan, tanpa dipusingkan dengan ribuan baris code.

Baca juga:  Warning: Cannot modify header information - headers already sent

– Agak boros waktu dalam mengoperasikannya.
ya, karena konfigurasi dan pengaturan yang agak rumit, imbasnya waktu kita akan sedikit terbuang untuk mengoperasikan dan mengaturnya, tetapi itu hanya makan waktu berapa menit saja kok. Jika dibandingkan dengan media penyimpanan online, jelas lebih cepat, karena kita cuma drop file lalu menguploadnya, jika sudah selesai, kita tinggal copy linknya, kemudian kita sebarkan agar bisa didownload.

Itulah beberapa dari kelebihan dan kekurangan yang bisa Saya paparkan disini. Jika Anda tetap ingin mencoba memanfaatkan / membuat fasilitas download di WordPress, Anda bisa mengikuti tutorial di bawah ini step by step.

Step 1: Saya asumsikan Anda sudah membeli hosting dan file WordPress Anda sudah Anda upload. Jika Anda sudah melakukannya silahkan download pluginnya terlebih dahulu di https://wordpress.org/plugins/wp-downloadmanager/installation/

Step 2:  Upload plugin tadi di cpanel, lalu ekstrak dan letakkan di folder /public_html/wp-content/plugins/letakkandisini.

Step 3:  Buat folder baru dan beri nama “files”, letakkan folder tersebut di /public_html/wp-content/letakkandisini.

Step 4: Upload file-file Anda dan letakkan di dalam folder files.

Baca juga:  Mengenal Hierarki Template WordPress

Step 5: Masuk ke pengaturan wp-downloadmanager.  Downloads > Add File > Upload File > Browse. Jika filenya sudah Anda upload melalui cpanel dan sudah Anda letakkan di dalam folder files sebelumnya, maka nama filenya biasanya langsung terdeteksi. Pilih file tersebut lalu klik tombol Add File di bawah. Untuk Remote File, pilih HTTP saja, untuk File Name dan File Description, isikan nama file dan deskripsi dari file tersebut, sedangkan pada pilihan Allowed to Download, pilih everyone.
tambahfilecrop

tambahfile2crop

Step 6: Untuk menyertakan link download file, ketikkan code

[donload*id=”isikan id file Anda disini”]
atau
[pa$e_download]

Anda bisa mengisinya dengan angka. Hilangkan bintang dan tambahkan huruf ‘w’ sebelum huruf ‘n’. dan ganti ‘$’ dengan ‘g’.

tHat’s it!

4 thoughts on “Membuat Fasilitas Download di WordPress

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *