Membuat Menu Yang Berbeda Untuk Setiap User di Yii2

Membuat Menu Yang Berbeda Untuk Setiap User di Yii2

Diposting pada

Kita lanjut ke materi selanjutnya yaitu, membuat menu yang berbeda untuk setiap user di Yii2. Karena fitur setiap user berbeda-beda, maka menu yang ditampilkan pun berbeda-beda pula untuk setiap usernya, itulah yang akan kita bahas saat ini, membuat menu yang berbeda untuk setiap user di Yii2, baik itu menu vertikal ataupun menu horizontal sama saja, karena sejatinya kita hanya mengatur hak aksesnya saja.

Membuat menu yang berbeda untuk setiap user di Yii2 yang kita bahas sekarang ini masih menggunakan RBAC, role atau level pada setiap user masih tetap kita gunakan. Dengan role atau level ini lah, kita dapat mengkhususkan menu untuk setiap user. Jika user A hanyalah diberikan akses berupa menu profile, gallery, dan report, maka hanya menu itu saja yang dapat ia akses, selain dari itu ia tidak mempunyai wewenang untuk mengaksesnya. Singkatnya seperti itulah.

Baca juga:  Membuat Pagination di WordPress

Membuat Menu Yang Berbeda Untuk Setiap User di Yii2

Dalam membuat menu yang berbeda untuk setiap user di Yii2 kita hanya cukup mebuat sebuah function di bawah ini. Kita letakkan pada file User.php.

[php]
public static function isAdmin($username)
{
if (static::findOne([‘username’ => $username, ‘role’ => self::ROLE_ADMIN]))
{
return true;
return $this->role == self::ROLE_ADMIN;
}

Baca juga:  Tutorial Cara Membuat Template WordPress

}
[/php]

Kemudian yang terakhir, kita panggil functionnya, kita letakkan kode ini pada menu yang kita kehendaki:

[php]
‘visible’ => User::isAdmin(Yii::$app->user->identity->username)
[/php]

Selesai. Dengan meletakkan kode tadi, berarti kita telah mengatur hak akses suatu menu. Menu tersebut hanya bisa diakses oleh user berupa admin, sedangkan yang lainnya, tidak kita beri akses.

Baca juga:  Tutorial PHP Dasar Untuk Pemula | Ebook PHP Terbaik | The Best PHP Ebook | Download Ebook PHP | Ebook Menyelam dan Menaklukkan Samudera PHP

Ya, sesimpel itu mengatur hak akses menu di Yii2. Itulah tutorial dari saya tentang membuat menu yang berbeda untuk setiap user di Yii2.

Sekian,
Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *