Tutorial Cara Membuat Template WordPress

Diposting pada

Memang sudah banyak beredar di internet tentang cara mendesain WordPress,  tutorial cara membuat template WordPress, cara edit template WordPress,  jika memang tutorial tutorial tersebut dijelaskan secara singkat dan kurang dipahami, maka pada tutorial kali ini Saya akan coba menjelaskan cara membuat tema wordpress sendiri secara mendetil dan mendalam agar dapat dipahami oleh siapapun.

Pembuatan template WordPress merupakan jenis pekerjaan yang dilakukan oleh web designer, karena ini kaitannya dengan masalah desain, namun dalam pembuatan theme WordPress ini, tidak cukup dengan hanya mengandalkan pengetahuan tentang HTML dan CSS saja, dibutuhkan juga pengetahuan wajib tentang PHP, karena nantinya kita akan bermain-main dengan banyak function yang dibuat oleh WordPress itu sendiri, di samping itu, untuk menambahkan kesan elegan pada suatu theme, dibutuhkan juga pengetahuan tentang JavaScript dan jQuery,  oleh karenanya, bagi yang baru pertama kali terjun ke dunia programming atau web design khususnya dalam membuat template WordPress, saran Saya pelajari terlebih dahulu HTML, CSS, jQuery, dan PHP, pelajari juga penggunaan localhost, phpmyadmin dan WordPress offline. Tak perlu mendalaminya, cukup kau memahami dasar-dasarnya saja, nanti untuk improvisasinya bisa diterapkan ketika Anda mulai menerapkan tutorial cara membuat template WordPress.

Baca juga:  CRUD Menggunakan AJAX di Yii2

Ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dalam membuat template WordPress dan melakukan edit template WordPress sendiri, salah satunya Anda dapat membisniskan theme atau template WordPress yang Anda buat, dengan desain dan kreativitas yang Anda miliki, tentunya template yang Anda buat akan diminati banyak orang.

Dalam tutorial cara membuat template WordPress atau membuat tema WordPress, ada banyak tahapan. Agar Anda lebih memahami pembuatan template WordPress, ada baiknya Anda mempelajarinya sesuai urutan yang telah Saya buat berikut ini:

Baca juga:  Menampilkan Datepicker di Dalam Elemen Overlay

Dasar tutorial cara membuat template WordPress

1. Mengenal Hirarki Template WordPress.
2. Mengenal Elemen Elemen Website
3. Memperkenalkan Template ke Mesin CMS WordPress
4. Mendesain Template
5. Membuat Header Blog
6. Membuat Sidebar
7. Membuat Footer

Saya akan terus memposting tutorial ini secara berkala. Ikuti terus perkembangan blog ini!

Tutorial pembuatan template WordPress yang lain bisa Anda temukan di http://wordpress.or.id/membuat-themes-wordpress

4 thoughts on “Tutorial Cara Membuat Template WordPress

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *