Mengetahui Kode Warna yang Digunakan Pada Website

Diposting pada

Terkadang kita iseng-iseng blogwalking mengunjungi banyak website dan menemukan warna yang nyaman dilihat, tetapi kita tidak mengetahui kode warnanya. Khususnya bagi para web designer, untuk mengetahui kode warna yang digunakan pada website merupakan hal yang lazim dan sering dibutuhkan.

Kode warna berkaitan erat dengan CSS, untuk membuat website yang nyaman dipandang, pemilihan kode warna berperan besar di dalamnya, website yang nyaman dipandang adalah website yang memiliki perpaduan warna yang sesuai, pemilihan kode warna tidak bisa asal-asalan, hanya karena warna, tampilan website bisa kurang enak dipandang.

Salah satu cara untuk mendapatkan perpaduan warna yang sesuai adalah melakukan eksperimen sendiri dengan mencoba memadukan warna yang satu dengan yang lainnya, namun jika dirasa hal tersebut membutuhkan waktu yang lama, Anda bisa mengambil kode warna pada suatu website yang Anda anggap enak dipandang, lalu memadukannya dengan kode warna yang lain.

Baca juga:  Review Menggunakan Layanan Niagahoster

Untuk mengetahui kode warna yang digunakan pada website amatlah mudah, cukup dengan Add-On firefox yang bernama Firebug, Anda sudah bisa mengetahui kode warna yang digunakan pada website. Berikut saya jelaskan langkah-langkahnya step by step.

Step 1: Install terlebih dahulu Add-On firebug pada browser yang Anda gunakan. Jika Add-On firebug sudah terinstall, maka Anda akan melihat icon bug di samping kanan atas browser. Iconnya bisa Anda lihat di sini.

Baca juga:  Membuat Form Pencarian di WordPress

Step 2: Cari warna yang sesuai, jika Anda sudah mendapatkannya, klik icon firebugnya, maka tampilannya seperti ini:
inspectcrop
Step 3: Inspect elemen, lalu arahkan pada warna yang Anda sukai, klik, maka terlihatlah kode warna tersebut. Selanjutnya silahkan Anda copy kode warna tersebut.
pointcrop

colorcrop
tHat’s it! Itulah cara mengetahui kode warna yang digunakan pada website menggunakan firebug.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *