Panduan Setting AVD (Android Virtual Device)

Panduan Setting AVD (Android Virtual Device)

Diposting pada

Panduan Setting AVD (Android Virtual Device). Mengacu kepada Android Developer Documentation,

definisi Android Virtual Device (AVD) memungkinkan Anda menentukan karakteristik perangkat Android Phone, Tablet, Android Wear, atau Android TV yang Anda inginkan

AVD yang merupakan kependekan dari Android Virtual device bisa juga kita definisikan semacam emulator untuk menjalankan virtual Android. AVD biasa digunakan di Android Studio untuk testing dan running aplikasi Android yang sedang dibuat, jadi tanpa menggunakan / mempunyai android phone pun, kita bisa testing dan running aplikasi Android dengan menggunakan AVD.

Tetapi akan lebih baik bagi yang ingin berkecimpung di dunia android coding sebaiknya minimal punya smartphone android. Kenapa? Agar kita bisa langsung mengetes aplikasi yang kita buat langsung di Android, hal tersebut dilakukan untuk menghindari penggunaan RAM yang cukup banyak. Laptop yang menjalankan AVD memakan memori RAM yang sangat banyak, sehingga dampaknya laptop yang dijalankan AVD di dalamnya akan berjalan agak berat, kecuali jika memang laptop Anda memiliki spesifikasi yang tinggi.

Baca juga:  Download 10 Tema Keyboard Android Keren Lucu Gratis

Berdasarkan pengalaman para programmer Android, agar Anda pembangunan aplikasi Android dengan Android Studio dapat berjalan mulus dan lancar tanpa tersendat-sendat, setidaknya Anda harus memiliki spek komputer dengan RAM di atas 4 GB dan processor core i3, karenanya, banyak dari programmer yang menyarankan untuk menggunakan laptop gaming.

Ok, lanjut ke pembahasan inti mengenai panduan setting AVD (Android Virtual Device), untuk mensetting AVD, Anda perlu mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

Baca juga:  Mengubah Resolusi Gambar di Android | Mengubah Resolusi Foto di Android

Panduan Setting AVD (Android Virtual Device)

1. Click button AVD untuk menuju AVD Manager:

2. Kamu seharusnya melihat dialog di bawah ini:

3. Selanjutnya klik + Create Virtual Device... button. Setelah itu Anda akan diarahkan ke Virtual Device Configuration Dialog.

4. Pilih device yang Anda inginkan, kemudian klik Next.

5. Di sini Anda harus memilih versi Android untuk emulator Anda. Anda mungkin juga perlu mengunduhnya terlebih dahulu dengan mengklik Download. Setelah itu, klik Next.

Baca juga:  Cara Kunci Aplikasi di Android dengan Mudah

6. Di sini, masukkan nama untuk emulator Anda, orientasi awal, dan apakah Anda ingin menampilkan bingkai di sekitarnya. Setelah Anda memilih semua ini, klik Finish.

7. Sekarang Anda memiliki AVD baru yang siap digunakan untuk meluncurkan aplikasi Anda di dalamnya.

Itulah tutorial lengkap mengenai Panduan Setting AVD (Android Virtual Device).
Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *