Pengertian Hosting dan Domain Menurut Para Ahli
Pengertian Hosting dan Domain Menurut Para Ahli

Pengertian Hosting dan Domain Menurut Para Ahli

Diposting pada

Belakangan ini internet sudah berkembang begitu pesatnya, begitu banyak layanan sewa hosting dan domain untuk membuat blog dan website yang bertebaran di mana-mana. Mengenai Apa itu hosting dan domain? Dan apa pengertian hosting dan domain menurut para ahli? Pembahasan ini tentunya bukanlah hal baru dan mungkin sudah usang bagi yang sehari-harinya melakukan bisnis online dan internet marketing di depan laptop, tapi bagi yang gaptek teknologi dan baru mengenal internet tentunya akan bertanya-tanya mengenai apa pengertian hosting dan domain menurut para ahli ? Saya jelaskan secara global saja melalui sebuah pendekatan yang gampang dicerna.

Pengertian Hosting dan Domain Menurut Para Ahli

Sobat pasti mengenal yang namanya website atau situs internet yang berupa toko online, blog, dan berbagai jenis website lainnya di era internet yang sedang booming ini. Website-website yang saya sebutkan tadi diibaratkan dengan toko fisik, gerai, restoran, dan lain sebagainya. Baik toko fisik, gerai, restoran, sekolahan maupun yang lainnya, seluruh benda fisik tersebut tidak akan bisa berdiri jika tidak ada lahan. Itulah alasannya mengapa kita butuh hosting untuk membuat website. Dari sini kita bisa ambil kesimpulan bahwa hosting  bisa kita ibaratkan sebagai sebuah lahan yang bisa kita gunakan untuk menggarap objek yang kita inginkan keberadaannya, bisa berupa toko online, marketplace, blog, dan lain sebagainya. Tak ada hosting, maka tak ada objek yang bisa kita buat untuk kita terbangkan ke dunia internet. Memang bisa kita membuat website tanpa hosting dengan mengandalkan blogspot misalnya, tapi balik ke makna hosting itu sendiri, mengapa blogspot bisa berdiri?  Tentunya karena blogspot memiliki hosting, jika hosting dan server blogspot dihancurkan, ya hancur semuanya, kita tidak akan pernah bisa mengaksesnya. Logikanya seperti itu.

Baca juga:  Cara Mengaktifkan 4G di Smartphone Android

Berbicara mengenai domain, lalu apa domain itu sendiri? Domain merupakan sebuah nama yang sifatnya unik yang digunakan untuk mengidentifikasi server computer di jaringan internet. Dari sini bisa kita pahami bahwa domain merupakan sebuah nama dari suatu benda. Sebagai contoh, ada sebuah toko fisik yang menjual barang sembako di Jl. Pahlawan, toko fisik tersebut bernama “Toko Sembako”, maka “Toko Sembako” tersebut diibaratkan sebuah domain dalam dunia web hosting.

Baca juga:  Kumpulan Commands Cisco CCNA

Lebih lanjut mengenai domain, domain itu sendiri sebenarnya diciptakan untuk memudahkan pengguna internet dalam menghafalkan sebuah URL atau alamat dari website atau server itu sendiri, karena pada dasarnya URL asal dari setiap website atau server adalah IP Address yang ditulis dengan notasi yang berupa angka. Karena bentuknya yang berupa angka, tentunya tidak user friendly untuk kita ingat dan kita hafalkan. Lebih mudah bagi kita untuk menghafalkan sebuah nama daripada angka. Karena itulah diciptakan yang namanya DNS (Domain Name System) untuk menerjemahkan IP address ke dalam sebuah domain. Singkatnya seperti itu.

Baca juga:  Konfigurasi Etherchannel Pada Cisco Packet Tracer

Tidak panjang lebar berbicara mengenai masalah ini, karena pembahasan mengenai apa pengertian hosting dan domain menurut para ahli ini masuk ke ruang lingkup jaringan computer, dan akan sangat panjang pembahasannya jika dibahas teknisnya secara detil.

Demikian artikel mengenai apa pengertian hosting dan domain menurut para ahli.
Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *