Penyebab Coding Sering Trial dan Error

Diposting pada

Trial dan error yang dialami programmer ketika coding itu merupakan hal yang lumrah dan biasa sebenarnya, ada banyak penyebab mengapa coding sering trial dan error.
Berangkat dari pengalaman Saya ketika Saya coding dan mengalami banyak sekali error lebih banyak dari yang biasanya, ada hal yang tak wajar sebenarnya, setelah Saya introspeksi diri dan Saya teliti, akhirnya Saya menyimpulkan bahwa disitu ada beberapa penyebab mengapa coding sering trial dan error? Diantara penyebabnya adalah:

1. Kurang tidur.
ya, kurang tidur merupakan penyebab utama mengapa Anda sering sekali mengalami error ketika coding. Jika Anda sudah merasa lelah karena hampir seharian penuh coding, dan matapun tidak bisa Anda ajak kompromi, maka ada baiknya Anda pergi tidur, karena jika dilanjutkan pun, Anda tidak mendapatkan apa-apa, itu sama halnya dengan doing nothing dan wasting time saja.

Baca juga:  Kisah Inspiratif dan Motivasi Orang Sukses

2. Kurang fokus.
Fokus terhadap kode, logika dan algoritma merupakan hal yang lazim dan wajib bagi setiap programmer. Kurangnya fokus Anda terhadap poin-poin yang tadi disebutkan bisa menjadikan Anda sering mengalami error. Singkirkan terlebih dahulu segala hal yang dapat menghilangkan fokus Anda.

3. Belum benar-benar memahami konsep atau aturan.
ya, konsep atau aturan dalam menulis kode juga hal yang wajib Anda kuasai. Seperti halnya ketika Anda mencoba membuat website menggunakan salah satu faramework PHP tetapi Anda sendiri belum memahami konsep OOPnya, maka yang terjadi adalah error yang akan terlalu sering Anda alami nantinya. Jadi, pahmilah OOP terlebih dahulu, lalu setelah itu Anda bisa langsung menggunakan framework. Ini salah satu contoh realistis dari sekian contoh kasus yang ada.

Baca juga:  Import MySQL Database Menggunakan PHP

4. Tidak mood.
Mood memegang peranan penting dalam mengerjakan suatu tugas. Berhasil atau tidaknya pekerjaan yang kita lakukan itu terkadang tergantung dari mood yang kita alami. Jadi sebelum Anda mulai mengerjakan tugas, pastikan terlebih dahulu bahwa mood Anda saat ini sedang dalam keadaan baik. Ada banyak faktor mengapa Anda kehilangan mood, di antaranya adalah karena Anda sudah menghabiskan waktu yang lama untuk mengerjakan suatu tugas. Setiap hal yang kita kerjakan suatu waktu pasti kita akan mengalami titik jenuh nantinya. Anda bisa meninggalkan pekerjaan tersebut untuk sementara lalu pergi refreshing untuk merefresh otak dan mengembalikan mood yang telah hilang.

5. Tidak ada deadline atau target.
Tidak hanya mood, deadline dan target juga dapat menambah semangat dan ambisi kita dalam mengerjakan suatu tugas. Dengan adanya mood dan target, Anda akan lebih kuat dari yang biasanya. Namun, tanpa adanya deadline dan target, mungkin Anda akhirnya tidak bersemangat dalam menjalankan tugas, imbasnya apa? Anda akan mengalami banyak sekali error, karena otak Anda tidak Anda maksimalkan 100%.

Baca juga:  Cara Mengatasi Error dan Problem Ketika Develop Aplikasi

Itu mungkin beberapa faktor yang bisa Saya sebutkan disini, jika Anda memiliki faktor lain yang pernah Anda alami, Anda bisa menuliskannya pada komentar di bawah ini.

tHat’s it!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *