Perkembangan-Internet-Banking-di-Indonesia1

Perkembangan Internet Banking di Indonesia

Diposting pada

Dunia IT atau istilah lainnya teknologi informasi dan komunikasi terus menunjukkan perkembangannya sampai saat ini. Setiap orang menggunakan gadget untuk melakukan berbagai macam aktifitas mereka sehari-hari, khususnya dalam masalah pembayaran dan transaksi di internet yang kita kenal dengan electronic banking atau e-banking. Perkembangan internet banking di Indonesia bahkan di dunia jelas sangat memudahkan kehidupan manusia saat ini, namun dampak negatif yang bisa kita rasakan di balik itu semua adalah besarnya ancaman dan kejahatan cyber, sehingga setiap orang dituntut untuk melek teknologi agar tidak menjadi korban kejahatan cyber.Mengingat bahayanya kejahatan cyber, maka keamanan masyarakat dan pengguna sangat penting untuk dilindungi sehingga di Indonesia secara khusus menerapkan adanya pengaturan dan pengawasan bank yang dilaksanakan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Penerapan manajemen risiko TI bank diatur dalam PBI No.9/15/PBI/2007 tentang Penerapan Manajemen Risiko dalam Penggunaan Teknologi Informasi dan SE No.9/30/DPNP perihal Penerapan Manajemen Risiko dalam Penggunaan Teknologi Informasi Bank Umum telah diatur dalam kegiatan e-banking, dalam hal ini meliputi manajemen bank, penilaian resiko, mitigasi resiko, kebijakan dan prosedur. Dengan adanya hukum ini, maka setiap bank wajib berlaku transparan dengan mengungkapkan segala bentuk rencana dan realisasi peluncuran produk-produk e-banking ke masyarakat yang sifatnya transaksional, selain itu setiap bank juga harus memberikan arahan dan edukasi kepada semua nasabah mengenai cara menggunakan produk e-banking yang aman.

Baca juga:  Penemuan Komputer dan Pengaruhnya Terhadap Keamanan

Perkembangan Aktivitas E-banking Beberapa Bank di Indonesia

Perkembangan e-banking di Indonesia dari tahun ke tahun patut kita akui mengalami peningkatan yang signifikan terlebih di tahun 2012 s/d 2014, hal itu ditandai dengan penggunaan internet banking, mobile banking, SMS banking, dan phone banking yang semakin populer hampir di semua masyarakat Indonesia.

Jumlah Pengguna e-Banking Posisi 31 Desember 2014

Baca juga:  Agar Jaringan Wi-Fi Tidak Mudah dibobol

Perkembangan Frekuensi Transaksi e-banking di Beberapa Bank di Indonesia

Nah, itulah perkembangan internet banking di Indonesia, yang bisa kita lihat pada tabel di atas bahwa semakin hari semakin menunjukkan adanya perkembangan yang cukup siginifikan.

Sekian dari saya,
Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *