Request Password Reset Via Email di Yii2

Diposting pada

Salah satu fitur menarik dari segudang fitur yang ada adalah fitur request password reset via email di Yii2. Fitur ini memungkinkan kita untuk mereset password dan merequest password baru via email. Fitur ini akan sangat bermanfaat apabila kita lupa password, atau mungkin bisa juga kita gunakan apabila kita ingin mereset password dengan tujuan untuk merubahnya via email.

Dalam kasus request password reset via email di Yii2 ini versi yii framework yang kita gunakan adalah versi advanced. Kenapa harus advanced? Salah satu alasan saya mengapa saya lebih menyukai yii2 advanced daripada yii2 basic adalah karena pada versi advanced ini sudah disediakan halaman backend dan juga frontend, sehingga kita tidak perlu mencampur adukkan file-file backend dan juga frontend, dalam kata lain, file-file backend dan juga frontend sudah ada tempatnya masing-masing, juga masing-masing halamannya sudah didevelop, kita tinggal men-customnya saja. Kembali pada pembahasan request password reset via email di Yii2 ini, kita akan menggunakan localhost, sedangkan emailnya, kita akan coba memanfaatkan email gratisan, yaitu gmail.

Request Password Reset Via Email di Yii2

Step 1: Terlebih dahulu, paling pertama yang harus dilakukan adalah kita persiapkan akun gmailnya.

Step 2: Buka common/config/main-local.php lalu tambahkan kode di bawah ini:

[php]
‘mailer’ => [
‘class’ => ‘yii\swiftmailer\Mailer’,
‘viewPath’ => ‘@common/mail’,
‘useFileTransport’ => false,
‘transport’ => [
‘class’ => ‘Swift_SmtpTransport’,
‘host’ => ‘smtp.gmail.com’,
‘username’ => ‘youremail’,
‘password’ => ‘youremailpassword’,
‘port’ => ‘465’,
‘encryption’ => ‘ssl’,
],
],
[/php]

Step 3: Agar akun gmail sobat bisa mengirimkan email secara otomatis, ada baiknya sobat aktifkan terlebih dahulu pengaturannya di https://www.google.com/settings/security/lesssecureapps dengan memilih “Turn On” seperti yang tertera pada gambar di bawah ini.
turnonSelesai.

Dengan begitu sobat bisa memanfaatkan fitur request password reset via email di Yii2 sewaktu-waktu apabila user membutuhkan fitur ini. Cukup dengan memasukkan email, lalu klik send, maka secara otomatis yii2 framework akan mengirimkan link reset password ke email yang dituju.

Sekian,
Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *